Kota Bekasi Siap Berlakukan KIA di 2017

KIABEKASI TIMUR  – Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kota Bekasi, Alexander Zulkarnaen, mengatakan siap apabila KIA diberlakukan ditahun 2017.

“Saat ini kan masih dalam tahap uji coba oleh pemerintah pusat dan Bekasi tidak masuk uji coba. Kita masih lebih fokus di KTP untuk 17 tahun keatas. Masih banyak yang harus diselesaikan. Insyaa Allah, kalau uji coba ini berhasil, bermanfaat dan diwajibkan, maka saya kira tahun 2017 Kota Bekasi siap,” ujar Alex saat ditemui infobekasi.co.id di kantornya, Jumat (12/02).

Dia menyebutkan, bahwa kesiapan Disdukcasip dalam pemberlakuan KIA ini mulai dari personil, gedung, dan fasilitas penunjang seperti printer untuk pencetakan kartu.

“Sarana prasarananya kita sudah cukup memadai. Apalagi kalau cuma printer biasa kita banyak. Kalaupun untuk KTP elektronik juga kita ada alatnya. Target kita siapkan fasilitasnya dari segi gedung pun bisa dimanfaatkan,” terang dia.

Hanya saja, lanjutnya, persiapan yang lebih dibutuhkan adalah dari pemerintah pusat seperti blangko dan aplikasi yang akan digunakan.

“Kita kan belum tau nanti blangkonya akan seperti KTP lama atau KTP elektronik. Tapi meskipun elektronik pun kita sudah ada alatnya,” imbuh Alex.

Ia berharap, semoga Permendagri tentang KIA ini akan ada banyak manfaatnya untuk anak-anak. Karena otomatis, anak-anak yang ingin membuat KIA itu harus mengurus pula akta lahir.

“Jadi pendataan bisa lebih akurat,” ungkapnya.

Kedepan, tambah Alex, sekitar bulan Mei 2016, pendataan KTP akan dapat dilakukan di kecamatan. Hal ini dikatakannya akan dapat mempermudah dalam menangani KIA tahun 2017 nanti.

“Tinggal nanti kita susun SOP-nya. Ancang-ancang saya, secepatnya kecamatan bisa menangani KTP dan KIA. Jadi kita nanti makin ringan,” pungkas dia. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini