Tanaman Vertikal Jadi Program Green Hospital RS Mekar Sari Bekasi

tanamanBEKASI TIMUR – Untuk program penghijauan, Green Hospital Rumah Sakit (RS) Mekar Sari membuat tanaman vertikal. Hal ini dikatakan oleh Penanggung Jawab Sementara (PJS) Kesehatan Lingkungan RS Mekar Sari, Bekasi, Imam Mulyo Santoso, pada Rabu (17/02) saat ditemui di ruangannya.

Konsep penghijauan itu sendiri, lanjut Imam, banyak menerapkan konsep tanaman vertikal. Tanaman ini tersebar di depan maupun di belakang halaman RS.

“Kita memanfaatkan barang bekas, seperti botol air mineral, dan botol bekas oli untuk dimanfaatkan sebagai media tanam,” kata Imam.

Selain program penghijauan tersebut, pihak RS Mekar Sari juga punya program Selasa Bersih (Selasih), dimana seluruh anggota yang bekerja di rumah sakit untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, membantu warga sekitar RS untuk mensosialisasikan arti penting dari kesehatan. Program pendukung lainnya yakni, setiap Jumat semua petugas RS dilarang membawa kendaraan, dan ini baru diterapkan.

“Kami ingin menyampaikan bahwa RS ini berbeda dengan yang lain, karena punya konsep Go Green, yang ramah lingkungan dan memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar, yang sudah berjalan sejak awal 2016 ini,” ujarnya.

Imam mengungkapkan bahwa kesehatan datang dari lingkungan yang sehat pula. Oleh sebab itu, kita menerapkan semua konsep untuk tujuan kesehatan kepada pasien yang menginap, maupun para tamu yang datang untuk menjenguk.

“Rencananya, 25 Februari nanti RS Mekar Sari akan mengklaim bahwa RS ini merupakan RS pertama yang mempunyai program volunteer, dan termasuk sebagai RS keempat terbesar yang mempunyai konsep Go Green, yang ramah lingkungan.” Jelasnya.

Alasan pihak RS Mekar Sari mencanangkan program tersebut, yakni ingin menyampaikan bahwa RS ini berbeda dengan yang lain, karena akan menjadi rumah sakit yang bertaraf sosial dan ramah lingkungan, dengan tema Giving For Living. (Oliv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini