Punya Dua Kewarganegaraan, Ini Kronologi Nina dipecat Pemkot Bekasi

PNS yang punya dua kewarganegaraanBEKASI SELATAN – Salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, Joaninha de Jesus Carvalho diberhentikan pada 10 Juni 2016 lantaran tersandung kasus dwi kewarganegaraan. Joaninha yang akrab disapa Nina dituding berstatus warna negara Timor Leste sejak 2002.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bekasi, Ali Sofyan, menjelaskan dasar kronologis pemberhentian Nina didasarkan karena adanya laporan dari petugas PT Taspen pada 2014 lalu.

“Sebetulnya Joaninha de Jesus Carvalho telah diberhentikan sebagai PNS berdasarkan surat keputusan dari Kepala BKN tanggal 15 Februari 2002. Terhitung pada akhir Agustus 1999,” kata Ali Sofyan, Selasa (23/08).

Namun, kata dia, status itu tidak diketahui selama bertahun-tahun hingga adanya laporan dari petugas PT Taspen.

Kemudian, lanjut Sofyan, berdasarkan surat BKD No. D.IV.26-II/C.5-2/48 24 November 2014, ada klarifikasi status kepegawaian atas nama Joaninha, karena yang bersangkutan telah diberhentikan sebagai PNS tanpa hak pensiun berdasarkan Pasal 2 Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2001, dimana yang bersangkutan tidak dapat diaktifkan kembali sebagai PNS.

“Berdasarkan hal tersebut, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengeluarkan keputusan yang merupakan pelaksanaan dari keputusan Kepala BKN yang tertuang dalam Keputusan Wali Kota Bekasi tentang pelaksanaan keputusan BKN Nomor 04755/01/Kep/BTH/IT/2002 tentang pemberhentian sebagai PNS tanpa hak pensiun atas nama Joaninha de Jesus Carvalh,” jelas dia.

Terkait kemungkinan adanya PNS lain di Kota Bekasi yang memiliki status dua kewarganegaraan, Sofyan menyatakan pihaknya akan lebih memerhatikan data kepegawaian para PNS di Pemkot Bekasi.

“Kami akan lebih teliti lagi. Namun saya yakin sudah tidak ada lagi PNS di Kota Bekasi yang memiliki kewarganegaraan ganda karena sudah Pendaftaran Ulang PNS (PU PNS) semua,” katanya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini