Tingkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Tutor Sebaya

RAWALUMBU – Untuk meningkatkan minat belajar siswa, SMPN 8 Bekasi terapkan tutor sebaya kepada seluruh siswanya.

Kepala Sekolah SMPN 8 Bekasi,  Samsu mengatakan membenarkan program tutor sebaya yang diterapkan di sekolahnya awalnya hanya berlaku kepada siswa kelas 9 yang akan menempuh ujian nasional (UN) tahun lalu.

“Awalnya hanya kami terapkan kepada siswa kelas 9 yang akan menempuh UN,” tuturnya kepada infobekasi.co.id, Sabtu (14/1).

Dengan menerapkan metode pembelajaran langsung dari siswa ke siswa dan untuk siswa, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan proses dan mutu pembelajaran.

Hal itu mampu mendongkrak hasil UN SMPN 8 Bekasi dan berhasil masuk ke peringkat 12 raihan nilai UN tertinggi tingkat SMP di Kota Bekasi.

“Ada kemungkinan ketika siswa malu bertanya mengenai mata pelajaran tertentu kepada gurunya, jika bertanya kepada temannya ia tidak akan malu-malu dan bisa langsung mengungkapkannya, dan disinilah peranan penting tutor sebaya tersebut,,” ungkapnya.

Melihat keberhasilan tersebut, Samsu mengakui bahwa saat ini program tutor sebaya diberlakukan kepada seluruh siswa kelas 7,8 dan 9 di SMPN 8 Bekasi.

“Saat ini kami berlakukan bagi seluruh siswa di sekolah,” jelasnya.

Sebelum dilaksanakan tutor sebaya, wali kelas nantinya akan melakukan pemetaan kemampuan anak didiknya di sekolah.

Kemudian, setelah didata dan dikumpulkan hasilnya, maka para siswa yang masuk ke dalam level atas, menengah dan ke bawah, akan mendapatkan arahan khusus oleh bagian mutu sekolah dan dimotivasi langsung oleh para guru.

“Dan yang terpenting, siswa yang pengetahuannya di atas rata-rata akan kami jadikan tutor sebaya bagi teman-temannya dan mereka nantinya mengajak, mengajarkan, memotivasi dan berdiskusi mengenai kesulitan pelajaran yang dihadapi oleh teman-temannya,” pungkasnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini