Ratusan Warga Tambun Berburu Ikan di Sawah

Infobekasi.co.id– Ratusan warga dari dua desa yakni Tridayasakti dan Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, menyerbu lahan yang menjadi rawa-rawa di Kampung Buwek Jaya RW 02 Desa Sumberjaya, Kamis (20/8).

Mereka selepas ashar terjun ke rawa yang tinggi lumpurnya mencapai selutut orang dewasa. Tua- muda, besar-kecil, laki-laki-perempuan, terjun mencari ikan lele dan mujair yang dilepas seorang juragan bernama H. Nyamat.

“Setiap tahun diadakan seperti ini,” ujar Iwan Setiawan, satu anggota Karang Taruna RW 02 Desa Sumberjaya, yang menjadi panitia. Ikan yang dilepas lebih dari dua kuintal dan disebar, disaksikan ‘peserta’ yang sejak pukul 14:00 sudah mengelilingi areal lahan seluas 1 hektar ini.

Warga nampak semangat dan berlari di areal lumpur sehingga sering terjadi tepuk riuh penonton yang ada di tepi rawa, manakala ada di antara mereka terjerembab. Sejumlah ibu-ibu bersama suami dan anaknya bahu-membahu mencoba mencari keberuntungan dengan membuat lingkaran seolah mengepung ikan.

Tidak ada protokol kesehatan di tempat itu, semua membaur dan tanpa masker, “Yang penting mereka senang dan lupakan soal yang lain,” cetus satu panitia, sambil berteriak di pengeras suara memberitahu ada ikan tambahan yang akan dilepas. Karuan saja, ‘peserta’ berlarian seperti mengejar apa yang diinginkan.

Jalan yang menuju Pangkalan Cepe pun macet dari dua arah, karena sejumlah penonton memarkir kendaraannya ditepi jalan.

Reporter: Saban

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini