Pelatihan Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Jatiasih

Infobekasi.co.id – Program Studi Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021. Kegiatan kali ini bekerjasama dengan KKG Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh dosen dan dibantu oleh mahasiswa dalam rangka menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2021, tema kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah “Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Pendalaman Materi”.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kepada guru sekolah dasar dan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui zoom cloud meeting pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2021 dan 02 Oktober 2021.

Ada empat tim dosen Prodi Matematika yang melaksanakan kegiatan ini, salah satu timnya adalah Devi Eka Wardani Meganingtyas, S.Pd., M.Si. dan Lari Andres Sanjaya, M.Pd., yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Pendalaman Materi Operasi Bilangan” pada hari Sabtu, tanggal 02 Oktober 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 42 orang.

Rangkaian kegiatan diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2021, pukul 09.00 WIB. Adapun pihak-pihak yang memberikan sambutan pada acara pembukaan ini adalah Ibu Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd., M.Si. selaku Koordinator Program Studi Matematika, Ibu Widhiati Dwi Widjayanti, S.Pd. selaku Ketua KKG Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, dan Ibu Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA UNJ yang juga sekaligus membuka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Matematika FMIPA UNJ Tahun 2021.

Selanjutnya, pada tanggal 02 Oktober 2021 peserta mengikuti kegiatan pelatihan. Peserta juga diberikan penugasan untuk memperdalam pemahaman mereka terkait dengan materi yang telah dijelaskan oleh tim dosen.

Secara umum, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh guru-guru Sekolah Dasar yang tergabung dalam KKG Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, namun juga terbuka untuk guru-guru yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendalaman materi kepada guru Sekolah Dasar agar dapat meminimalisir adanya miskonsepsi pengajaran terhadap suatu topik/materi tertentu di tingkat sekolah dasar kepada siswa.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk turut meningkatkan kualitas pembelajaran dan sumber daya manusia Indonesia.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta pelatihan dan berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Beberapa respon dari peserta yang lain adalah bahwa kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan ilmu bagi guru, khususnya di tingkat sekolah dasar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here