Komisi IV DPRD Kota Bekasi Apresiasi Capaian UHC

Infobekasi.co.id – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi mengapresiasi kinerja pemerintah daerah setempat yang berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan.

“Dengan status UHC ini, bagi yang tidak memiliki BPJS tetap bisa dilayani dan kemudian rumah sakit membuatkan BPJS Kesehatan,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Latu Har Hary, Kamis, 13 April 2023.

Berdasarkan catatan Pemerintah Kota Bekasi, sebanyak 97,17 persen penduduk Kota Bekasi sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan baik mandiri maupun dibiayai oleh pemerintah daerah. Adapun penerima bantuan iuran dari APBD Kota Bekasi sebanyak 296.673 jiwa.

Jumlah kepesertaan ini sudah melebihi batas minimal yang telah ditetapkan yaitu 95 persen. Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’aruf Amin memberikan langsung penghargaan keberhasilan meraih UHC ini pada Maret lalu.

“Targetnya tidak 100 persen, hanya 99 persen,” kata Latu.

Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengaku akan terus meningkatkan kepersertaan JKN-KIS bagi seluruh warga Kota Bekasi.

“Target kepersertaan JKN-KIS sudah 97%, mudah-mudahan di tahun berikutnya bisa mencapai diangka 100%, dengan demikian tidak ada lagi warga masyarakat yang kesulitan dalam layanan kesehatan, karena sudah dicover oleh JKN-KIS,” ujar Tri Adhianto dalam keterangannya. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini