Instruksi Presiden ASN Bakal Kerja Tanpa ke Kantor, Ini Kata Plt Walikota Bekasi

Infobekasi.co.id – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mempertimbangkan mengenai kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Nantinya para abdi negara itu bakal bekerja secara mudah dari segi waktu dan tempat.

Namun, Tri menegaskan akan mengkaji terlebih dahulu aturan tersebut, lantaran ada beberapa kegiatan pelayanan publik yang tidak boleh ditinggalkan (stay di kantor).

“Nanti kita lihat saja, sejauh mana kegiatan yang memang bisa kita pilah terkait dengan out put dan outcam-nya yang diemban aparatur yang ada,” jelas Tri sat ditemui di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Rabu (26/04/2023) lalu.

Bukan hanya pelayanan publik saja yg dikaji, termasuk juga Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi, selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kalau buat pelayanan yang harus tatap muka, saya kira ini juga menjadi pertimbangan BKPSDM agar proses pelayanan kepada masyarakat  juga tidak boleh ditinggalkan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini telah menerbitkan Peraturan Presiden (perpres) Nomor 21 Tahun 2023, tentang Hari Kerja dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Melalui kebijakan itu, Presiden memberi ruang bagi pegawai aparatur sipil negara (ASN) melaksanakan tugas secara fleksibel, dari segi tempat maupun waktu. Seperti tercantum di Pasal 8 Ayat (1) Perpres Nomor 21 Tahun 2023 menyebutkan, Pegawai ASN dapat melaksanakan tugas kedinasan secara fleksibel.

Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan tugas kedinasan pegawai ASN secara fleksibel, termasuk kriteria jenis pekerjaannya bakal diatur dalam peraturan menteri. Kendati demikian, ASN tetap wajib memenuhi ketentuan jumlah jam kerja dalam satu minggu, dan mendapatkan hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Kontributor: Denny Arya

Editor : Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini