Jual Puluhan Motor, Bapak dan Anak Jadi Tersangka Penadah Hasil Curian

Polsek Bekasi Timur telah berhasil meringkus dua tersangka pelaku penadah motor hasil pencurian yang memiliki hubungan Bapak (65) dan anak (21).

Ipda Sigit Firmansyah mengatakan bahwa sebelumnya Tim Buser Polsek Bekasi Timur mencurigai seorang pengendara motor yang melaju dengan kecepatan tinggi tanpa dilengkapi plat motor, baik di depan maupun dibelakang.

“Tim melakukan pengecekan dengan cara membuntuti ternyata motor tersebut memasuki rumah tinggal yang berada di area Jalan Anggrek, Duren Jaya, Bekasi Timur kemudian kita lakukan pemantauan secara bertahap,” ungkap Ipda Sigit kepada wartawan pada Selasa (24/10/2023)

Dari hasil pantauan polisi terhadap rumah tersebut, didapati bungkusan besar ditutupi karung putih yang diletakkan di halaman rumah tinggal pelaku.

“Ada yang mengeluarkan karung bungkusan tersebut keluar rumah. Pada kesempatan itu kami melakukan pengecekan terhadap karung dan mendapatkan satu unit kendaraan dari dalam karung tersebut,” jelasnya.

Diketahui pelaku RF dan pelaku M berencana akan menjual hasil curian motor tersebut ke wilayah Palembang, Sumatera Selatan dengan mengirimkannya melalui saudara mereka L yang berada di Lampung.

Sementara itu, pelaku bekerja sama dengan tersangka pencurian motor, yaitu D dan P yang masih berstatus sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang).

“Untuk penjualannya itu, yang mengetahui pelaku D dan P untuk masing-masing pelaku ini mendapatkan upah kurang lebih Rp. 200 – 400 k per unit,” tutur Ipda Sigit Firmansyah.

Berdasarkan pengakuan tersangka kepada kepolisian, mereka telah melancarkan aksinya sejak bulan Juli 2023 sampai Oktober 2023.

Pengiriman dilakukan sekitar delapan unit sepeda motor dalam sekali packing denham kondisi stang motor dan ban dilepas agar memudahkan pembungkusan. Akibat tindakannya pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) KUHP dan pasal 481 KUHP.

Reporter Magang : Zahara, Aleisa, Amalia, Tari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini