Bapemperda DPRD Kota Bekasi Godok Raperda Pengganti IMB

Infobekasi.co.id – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bekasi, Nicodemus Godjang, mengumumkan rencana penting terkait pembaharuan regulasi di Kota Bekasi.

Nicodemus menyampaikan niatan Bapemperda untuk menggantikan Peraturan Daerah (Perda) Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembangunan Gedung Baru, sejalan dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

“Salah satu yang menonjol terkait dengan pengaturan pembangunan,” kata Nicodemus. Dengan perubahan ini, setiap pembangunan di Kota Bekasi tidak lagi memerlukan izin mendirikan bangunan, melainkan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sesuai dengan UU Cipta Kerja.

“Sekarang bukan IMB tapi PBG sesuai UU Cipta Kerja,” tambahnya.

Raperda yang diusulkan juga akan mencakup regulasi terkait Sertifikat Layak Fungsi (SLF) untuk setiap gedung yang dibangun. Nicodemus menyampaikan keprihatinannya terkait gedung-gedung pemerintah di Bekasi yang belum memiliki SLF. SLF dianggap krusial dalam mengidentifikasi potensi terjadinya bencana dan memungkinkan pengambilan langkah-langkah antisipasi.

“SLF menjadi parameter penting, misalnya, apakah gedung ini masih tahan jika terjadi bencana,” katanya.

Proses pengurusan SLF diharapkan melibatkan jasa konsultan, yang akan memerlukan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun, Nicodemus menekankan bahwa APBD tidak dapat dialokasikan tanpa nomenklatur yang sesuai.

Oleh karena itu, Bapemperda DPRD Kota Bekasi berkomitmen untuk segera merampungkan Raperda Pembangunan Gedung Baru sebagai pengganti Perda IMB. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka hukum yang sesuai dengan regulasi terkini, meningkatkan kualitas keamanan dan fungsionalitas gedung di Kota Bekasi. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini