Ini Upah Didapat Petugas Sortir dan Pelipat Kertas Surat Suara Pemilu 2024

Infobekasi.co.id – Warga Kota Bekasi mensortir dan melipat surat suara untuk pemilu 2024. Upah yang didapat sesuai banyaknya jumlah lembar kertas yang diselesaikan.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengatakan, ada lima surat suara yang disortir dan dilipat, yakni surat suara DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI DPD RI, dan Capres Cawapres.

Kategori surat suara untuk legislatif per-lembarnya dihargai Rp450, sedangkan untuk Capres dan Cawapres dihargai Rp300.

“Upah mereka untuk sortir lipat surat suara presiden Rp300. Surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan DPD Rp400,” jelas Ali Syaifa, Senin (8/1/2024).

Sedangkan per orang petugas pelipat suara, ditargetkan selesai 500 lembar per harinya. Jika dikalkulasi setiap petugas, perharinya mendapatkan Rp 210 ribu.

Jika ditotal, Rp210 ribu perhari dikali 20 hari kerja, setidaknya petugas pelipat suara mendapatkan upah Rp 4,2 juta. KPU Kota Bekasi menargetkan 20 hari kedepan pelipatan surat suara sudah tuntas.

“Perhari mereka targetnya kurang lebih 500 lembar per-orang,” kata Ali.

Diketahui, surat suara untuk wilayah Kota Bekasi mencapai 9 juta lembar surat suara. Terdapat 1,8 juta pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sebanyak 9 juta lembar untuk pemilih. Kami menargetkan 20 hari ke depan sortir lipat selesai  setelah itu kami akan melakukan pendistribusian,” jelas Ali.

Reporter: Fahmi

Editor: Drs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini