Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kota Bekasi Menjadi Catatan DPRD

Infobekasi.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi, H.M Saifudaulah mengatakan di bidang pendidikan, pemerintah daerah masih banyak pekerjaan rumah yang butuh segera diselesaikan.

“Banyak keluhan dari warga, salah satu tugas pemerintah daerah adalah memenuhi kebutuhan dasar, diantaranya adalah pendidikan,” katanya kepada wartawan, Senin, 11 Maret 2024.

Menurut dia, yang menjadi permasalahan setiap tahun ajaran baru adalah terbatasnya kuota atau rombongan belajar siswa di sekolah negeri. Ia mengatakan, tahun 2024-2025 menjadi momen perbaikan kualitas pendidikan karena tema dalam RPJMD adalah peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan.

“Infrastuktur pendidikan yang ada ini harus ditambah, baik menambah bangunannya, karena belum memiliki SMP negeri, atau bangunan SD bisa direvitaliasasi menjadi bangunan SMP,” kata dia.

Ia mengatakan, beberapa sekolah dasar di Kota Bekasi telah digabungkan. Artinya, ada bangunan yang ditinggalkan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan SMP negeri. Ia juga meminta pemerintah menginventarisasi lagi sekolah-sekolah yang berpotensi digabungkan.

“Ada masukan juga memanfaatkan SD negeri yang sesungguhnya pola proses belajarnya enggak full,” kata dia.

SDIT menerapkan sekolah full day, sementara SD negeri hanya setengah hari. Kata dia, waktu sisa setengah hari bisa dimanfaatkan untuk SMP Negeri.

“Supaya rombel ideal, semua warga menerima layanan pendidikan yang bermutu,” kata dia. Sayangnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus dibarengi dengan penambahan jumlah guru yang berkualitas.

“Ini catatan, ini PR bersama,” kata dia.

(advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini