Tria Ulfa Nabila, Siswa SMAN 2 Bekasi yang Punya Segudang Prestasi

Tria Ulfa Nabila Tria Ulfa Nabila, bakatnya di dunia tarik suara tidak perlu diragukan lagi. Lewat suara emas siswa SMAN 2 Kota Bekasi inilah nama Bekasi di kancah Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cukup disegani. Iya, dia berhasil menjadi juara 3 di FLS2N tingkat provinsi yang diikuti hampir lebih kurang 30 peserta se-Jawa Barat, pada tahun 2013 lalu.

Lahir di tengah keluarga yang terbilang menyukai dunia tarik suara, membuat perempuan kelahiran Bekasi, 21 September 1997 ini seolah beruntung karena itu membuat Ulfa, sapaan akrabnya, menjadi semakin mudah untuk mendalami dan mengembangkan bakat serta hobi bernyanyinya.

Perjalanan Ulfa di perlombaan karya seni siswa atau yang biasa di sebut FLS2N ini terbilang cukup panjang, sebelum duduk di bangku SMA, Ulfa mengawali keikutsertaannya di ajang bergengsi tersebut saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Cinderamata, Harapan Indah, Bekasi.

Bakat serta potensinya ditemukan oleh salah satu guru seni di sekolah tersebut. Sadar akan hal itu, Ulfa pun mengikuti saran gurunya untuk terus berlatih vokal. Alhasil, sejak SD tepatnya saat di kelas 5, Ulfa berhasil mejadi juara 2 FLS2N tingkat provinsi, meskipun sejumlah perlombaan bernyanyi sebelumnya kemenangan tak kunjung datang.

“Dulu itu gara-garanya aku ketauan sama guru seni disekolah waktu SD, ketauan bisa nyanyi yaudah diminta untuk di lesin vokal,” kata Ulfa.

Tidak berhensit sampai disitu, selepas masa SD-nya, anak bungsu dari pasangan Mochammad Djamil dan Lies Yuslifah ini terus menorehkan prestasi-prestasi membanggakan. Selain sejumlah prestasi akademik, dari non-akademik pun berhasil ia catatkan.

Hobi bernyanyi yang juga bakat dari Ulfa semakin terasah dan kualitasya semakin terlihat ketika ia memasuki masa SMP, menghabiskan masa SMP di Cinderamata, Ulfa semakin fokus mendalami dan berlahit vokal oleh guru les vokalnya. “Aku ada guru privat sendiri, Om Ipi namanya, jadi setiap FL2SN sama dia terus yang ngiringin sampai yang ngekatih juga,” tutur gadis berkacamata ini.

Meskipun fokus dalam berlatih vokal, namun untuk urusan akademik di sekolahnya tidak serta merta Ulfa abaikan. Ia tetap belajar seperti siswa-siswa lainnya. Kepribadiannya yang supel dan mudah bergaul membuat ia di mata teman-teman seorang sahabat yang baik. Prestasi yang draihnya pun tak lepas dari dukungan para teman-temannya.

Setelah selepas masa SMP Ulfa melanjutkan pendidikan formalnya ke sekolah negeri yang cukup difavoritkan di Bekasi, yakni SMAN 2 Kota Bekasi. Perempuan yang mengidolakan Beyonce serta Agnes Monica ini tergolong anak yang cerdas dan pintar, ia selalu mendapat peringkat di setiap semesternya.

Hobinya di dunia tarik suara semakin tersalurkan ketika ia bergabung dalam keanggotaan KIPAS, salah satu ektrakulikuler kesenian di SMAN 2 Kota Bekasi. Ulfa sendiri tergabung dalam Divisi Paduan Suara. Melalui kegiatan ini ia berhasil melebarkan sayapnya dalam hal menyayi. Itu terbukti ketia ia berhasil menjadi juara di ajang sekelas Grand Champion World Choir Games, di Shaoxing, China.

Selain itu, bersama tim paduan suara KIPAS SMAN 2 Kota Bekasi, ia mampu menjadi juara di setiap gelaran lomba padua suara pelajar. Seperti yang baru-baru ini, Ulfa bersama rekan-rekannya berhasil menyabet gelar juara lomba Paduan Suara tingkst Kota Bekas dalam rangka HUT ke-17 Kota Bekasi.

CITA-CITA

Setelah menghabiskan masa sekolahnya yang lebih banyak dihabiskan untuk kegiatan bernyanyi, Ulfa memiliki mimpi bisa menjadi seorang kepala rumah sakit. Tak ayal, masuk ke Jurusan Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia pun menjadi salah satu impian yang akan ia gapai selepas masa SMA nanti.

Untuk meraih semua prestasi dan impiannya nanti, tentu jauh dari obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya pun menjadi salah satu faktor yang sangat penting di zaman sekarang. Seperti yang kita ketahui, banyak anak bangsa yang telah sukses namun karena jeratan narkoba, prestasinya pun ikut tenggelam, bahkan karirnya hancur. Hal tersebut nampaknya yang menginspirasi Ulfa untuk menjauhi barang-barang haram seperti narkoba.

Memperbanyak kegiatan positif dengan ikut organisasi di sekolah menjadi salah satu kunci Ulfa dalam menghindari narkoba, tentunya selain mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain masuk ke perguruan tinggi negeri jurusan kesehatan, tetap menekuni dunia bernyanyi menjadi salah satu impiannya setelah lulus nanti. “Nerusin nyanyi tetap itu harus karena ingin suatu saat bisa Go Internasional juga,” kata siswi yang sangat memfavoritkan mata pelajaran Biologi ini.

Selain itu, perempuan yang tinggal di Perumahan Pondok Ungu Permai, Kota Bekasi juga berharap dan memiliki impian agar selalu bisa BERPRESTASI TANPA NARKOBA meskipun nanti kesuksesan telah ia dapati. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini