Ingin Tidur Berkualitas? Hindari Hal Berikut

389b1419d386024814b9710bfcb9f5a1_XLKondisi tubuh fit di pagi hari ketika selepas bangun tidur merupakan buah dari tidur yang berkualitas. Saat tidur organ tubuh akan menyembuhka diri, sel-sel mati akan hilang berganti yang baru.

Untuk mendapat tidur yang berkualitas, sebaiknya menghindari hal-hal berikut seperti yang dilansir laman dreamersradio.com

1. Jangan baca buku yang mengundang rasa penasaran

Membaca novel atau buku apapun sebelum tidur memang membuat rasa mengantuk datang lebih cepat. Tapi jika cerita yang dibaca sangat menarik sampai membuat penasaran, pasti akan membuat keterusan membacanya sehingga akan mengurangi waktu tidur.

2. Berolahraga

Berolahraga sangat penting untuk tetap fit dan sehat. Namun meski begitu, berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidur akan membuat kesulitan tidur karena suhu tubuh yang meningkat.

3. Berselancar di Internet

Menggunakan laptop dan menonton TV sebelum tidur akan mengurangi kualitas tidur. Cahaya yang datang dari layar akan menurunkan produksi hormon melatonin yang membuat rasa kantuk.

4. Bekerja di waktu tidur

Melakukan pekerjaan apapun di saat waktu tidur akan membuat otak tetap aktif dan hal ini akan membuat stres yang bisa merusak waktu tidur.

5. Asupan minuman

Minuman sejenis teh dan kopi mengandung kafein yang merangsang otak untuk tetap terjaga. Jadi hindari konsumsi minuman ini sebelum tidur.

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh yang membuat sulit tidur. Saat tidur, suhu tubuh akan menurun dan jika kamu mandi air hangat sebelum tidur, akan mengacaukannya.

7. Makan banyak

Makan berlebhan saat jam makan malam bisa menjadi penyebab kamu bermimpi buruk di malam hari. Mimpi buruk ini tentu mengganggu kualitas tidur. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini