7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menentukan Pilihan Katering Pernikahan

vendor pernikahanDi Indonesia, penilaian atas kesuksesan suatu pesta pernikahan dinilai dari segi makanannya. Bahkan sebagian besar orang akan mengingat nama hotel yang telah menyediakan makanan yang enak.

Kebersihan dari suatu makanan juga harus diperhatikan. Pada hakekatnya para tamu undangan akan merasa puas bila mendapatkan makanan yang enak dan bersih. Selain dari kebersihan dan kelezatan katering, panitia acara resepsi pernikahan harus memastikan makanan, minuman, snack dan dessert harus siap satu jam sebelum acara dimulai.

Dalam perencanaan sebuah pesta pernikahaan, anda perlu membuat anggaran biaya untuk katering. Besarnya biaya tersebut tergantung dari beberapa paket yang dipesan, jenis makanan, dan banyaknya variasi menu katering tersebut. Jasa pelayanan katering yang dimaksud menyediakan keseluruhan makanan dan minuman, termasuk snack ( kue-kue ), minuman dan dessert (buah-buahan, puding, ice cream). Tetapi apabila dari pihak mempelai ingin mengurangi atau menambahkan paket makanan, anda bisa diskusikan dengan pihak katering. Ingat, jangan gegabah memilih catering murah, walaupun sebenarnya katering murah bisa jadi memiliki pelayanan maksimal.

Beberapa yang perlu dicantumkan dalam kesepakatan, diantaranya adalah mengenai sistem pembayaran, perhitungan total biaya, tampilan dekorasi sajian, keamanan, dan jaminan ganti rugi. Kembangkan imajinasi dan kreatifitas dalam merancang sajian yang lezat dan indah dipandang. Kesan istimewa para tamu undangan terhadap kelezatan sajian menambah kenangan manis di hari perkawinan.

Infobekasi punya tips saat memesan menu katering pernikahan. Berikut tips yang bisa anda ikuti :

1. Cari Info Sebanyak-Banyaknya

Informasi yang didapatkan bisa dari forum diinternet, atau dari teman-teman sendiri. Jika kita sudah punya vendor pilihan, coba digoogling terlebih dahulu, atau masuk forum di weddingku.com supaya tau vendor pilihan kita mempunyai citra yang baik atau tidak.

2. Jangan Terpaku pada Satu Katering saja,

Ada berbagai macam katering. Mau yang mewah, murah meriah, yang makanannya unik-unik, atau apapun itu juga ada. Jadi, jangan malas untuk survei kalau mau dapat yang terbaik.

3. List Them Up

Dari info yang kita dapat, jangan lupa dilist satu persatu. Kira-kira mana vendor yang punya reputasi baik dan enak sesuai dengan kantong. Jangan lupa blacklist juga vendor katering yang punya reputasi buruk supaya tidak lupa.
Kualitas ini dipilih berdasarkan :
-Rasa
-Seringkah / pernahkah menyediakan makan basi?
-Jumlah makan yang disajikan sesuaikah dengan pesanan kita? atau apa pelayannya suka “nakal”?
-Seberapa sering tampil

4. Contak Person (CP) katering pilihan

Bisa lewat telepon atau email. Untuk harga tergantung gedung. Minta CP untuk kirim menu-menu yang bisa kita pilih. Jika kita sudah menetapkan tanggal pernikahan atau gedung minta kirimi juga proposal untuk di gedung yang kita mau, dengan jumlah undangan kita.

5. Survei atau Test Food

Kalau orangtua tidak bisa ikut, tidak ada salahnya test food bareng teman-teman, terutama yang juga sedang mempersiapkan pernikahan, agar bisa saling bertukar informasi.

6. Minta Diskon

Kalau sudah menentukan ketering mana yang paling cocok, sebelum tanda tangan kontrak, aada baiknya minta diskon tambahan atau bonus-bonus diluar perjanjian bonus yang dijanjkan di proposal. Misalnya voucher hotel, tiket bulan madu dll. Jadi jangan lupa, walaupun harga yang diberikan sesuai dengan budget anda, tidak ada salahnya berpura-pura masih mikir-mikir, bagaimana agar bonusnya semakin besar.

7. Tanyakan Apakah Kateringnya Punya Paket Untuk Pernikahan

Banyak katering yang juga menyediakan paket-paket yang memudahkan kita untuk mencari vendor lain seperti dekorasi, fotografi, rias pengantin dll. Jadi kita tinggal pilih agar mereka yang kontak vendor tersebut. (Adm)

Sumber : Eprophoto.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini