Tahukah Anda Sindrom Kaki Gelisah?

KAKIKebiasaan orang bisa bermacam-macam. Salah satunya yakni menggoyangkan kaki saat sedang duduk. Nah kebiasan ini disebut dengan sindrom kaki gelisah atau bisa disebut juga dengan restless legs syndrome (RLS).

Eits, tapi ternyata tidak semua orang yang menggoyangkan kakinya bisa  disebut menderita RLS. “Kalau kaki yang bergoyang-goyang saat duduk, belum tentu sindrom kaki gelisah. Bisa dilihat, kalau ketika kakinya bergoyang, lalu disuruh diam langsung bisa, berarti itu bukan sindrom kaki gelisah. Tapi jika yang bersangkutan diminta untuk diam, tapi tidak kuasa untuk menghentikan gerakan-gerakan kakinya, bisa jadi itu bukan merupakan RLS,” kata Dr. Rimawati Tedjasukmana dari RS Medistra Jakarta saat dihubungi oleh detik.com.

Berbeda dengan Dr. Rimawati, Dr. Roslan Yusni Al Imam Hasan mengatakan bahwa orang yang suka menggerakkan kakinya, patut diduga bahwa ia terkena RLS, karena yang bersangkutan merasa nyaman, hanya saja masih dalam tingkatan yang normal.

Biasanya orang-orang yang menggerakkan kakinya ini akan melakukannya pada saat sedang berkonsentrasi, misalnya sedang melaksanakan ujian atau sedang dalam rapat penting. Apa aktivitas ini merupakan tanda bahwa otaknya sedang bekerja keras?

Dr. Roslan mengatakan bahwa kedua hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali. Ketika ada perubahan konstelasi di otaknya, apapun itu, entah lapar, panik, ataupun stres, maka akan menimbulkan RLS. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini