Penemu Celana Jeans Merek Terkenal!

levi-strauss.jpg-12036Untuk pertama kalinya, jeans dibuat di Italia, tepatnya di daerah Genoa pada 1560-an. Dan biasanya, jeans hanya dipakai oleh angkatan laut. Namun kemudian jeans mulai dipopulerkan oleh Levi Strauss di Amerika Serikat sebagai fasion.

Mulanya, Levi pergi ke San Francisco (kota keempat yang penduduknya paling banyak di California) untuk berdagang pakaian. Namun ternyata di California, semua barang yang mau ia jual habis semua. Kecuali tenda yang terbuat dari kain kanvas. Tanpa pikir panjang, tenda tersebut ia beli, kemudian kainnya ia potong dan ia jadikan beberapa potong celana. Setelah celana tersebut jadi, ia jual ke  penambang emas. Dan yang tak disangka-sangka, pembeli senang dengan celana buatan Levi, karena celana tersebut tahan lama dan tak mudah koyak. Kemudian Levi menyempurnakan celanya dengan memesan bahan dari Genoa, yang disebut “Genes”, yang diubah Levi menjadi “Blue Jeans”.

Nah, berhubung para pekerja tambang emas suka dengan celana Levi, maka celana tersebut dijadikan celana resmi mereka. Celana ini disebut oleh mereka sebagai “Those Pants of Levi’s” atau “Celana Si Levi”.

Untuk mengembangkan bisnisnya ini, Levi kemudian mengajak pengusa sukses bernama Jakob Davis untuk bekerja sama. Dan pada 1880, berdirilah pabrik pertama celana jeans merk Levi Stauss, dengan produk pertamanya “Levi’s 501”.

Dan untuk tambahan informasi, tahukah anda mengapa di celana jeans Levi selalu ada kantong kecilnya? Yang berada di bagian depan itu? Dilihat dari sejarahnya, karena memang pada awalnya celana jeans buatan Levi untuk penambang emas, maka kantong kecil tersebut untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Namun sampai sekarang, kantong kecil tersebut masih dipertahankan keberadaannya. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini