PIN Polio, 5052 Balita di Kelurahan Teluk Pucung Siap Diimunisasi

ImunisasiBEKASI UTARA – Sebanyak 5.052 balita di Kelurahan Teluk Pucung akan menjalani Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak yang dilakukan mulai hari ini, Selasa (08/03) hingga Selasa (15/03).

Saat ditemui infobekasi.co.id, Lurah Teluk Pucung, Taufik, menyatakan ribuan balita itu akan dibagi ke dalam 47 puskesmas yang tersebar  di Kelurahan Teluk Pucung.

“Bayi dan balita yang belum imunisasi polio, mulai Selasa bisa ke posyandu masing-masing. Kita kan punya 47 puskesmas yang ada di tiap RW di Teluk Pucung. Nah, 5.052 balita itu didapat dari data posyandu yang tiap bulan mengirim laporan,” ungkap Taufik, Senin (07/03) sore.

Menurut Taufik, kegiatan imunisasi polio ini sifatnya wajib diikuti oleh seluruh balita sekelurahan, kecuali dengan alasan sakit, seperti panas tinggi.

“Kalau mereka tidak datang ke posyandu, ya kita susul ke rumah. Yang pasti target itu harus tercapai,” tuturnya.

Berbeda lagi apabila ada orangtua yang tidak menghendaki anaknya untuk diimunisasi, lanjut Taufik, maka pihak orangtua wajib membuat surat pernyataan yang dimaterai Rp 6000,- dan menyatakan bahwa tidak menghendaki vaksin polio diberikan ke anaknya.

“Kan ada saja yang menganggap bahwa vaksin ini malah berbahaya, atau bahannya tidak halal. Padahal ini halal kok. Nah kita bepegang itu saja sebagai standar Indonesia. Toh nggak mungkin MUI beri label halal sembarangan. Surat pernyataan itu supaya kalau terjadi apa-apa pada anak, pemerintah tidak disalahkan,” terangnya.

Taufik menegaskan, bahwa pemberian vaksin polio ini sangatlah aman untuk balita. Jadi, para orangtua sebaiknya tidak bersikap antipati, apalagi untuk kesehatan anaknya.

Sebelumnya, Taufik menyatakan bahwa sudah dilakukan sosialisasi ke posyandu-posyandu untuk penyelenggaraan PIN ini yang dilakukan oleh pihak puskesmas, hingga tata cara dalam pemberian vaksin.

“Kalau berjalan lancar, normalnya pemberian vaksin ini sih sehari selesai. Tapi misalnya ada balita yang masih sakit, kita tunggu sembuh sampai sesuai spare waktu yang ada. Baru diberikan vaksin,” pungkasnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini