Warga Bekasi Sejati, Tau Sejarah Kota Patriot Ini!

Tempo DuluPada hari ini, Kamis (10/03) Kota Bekasi merayakan hari jadinya yang ke-19. Tapi anda tahu bagaimana sejarah Kota Bekasi?

Dulu kala, Kota Bekasi bernama Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, sebagai Ibu Kota Kerajaan Tarumanagara (358-669). Luas kerajaan ini, tidak hanya mencakup wilayah Bekasi saja, tetapi juga wilayah Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor, hingga ke wilayah Sungai Cimanuk di Indramayu.

Pada pendudukan Kolonial Belanda, Bekasi masih merupakan Kewedanaan (Distrik), termasuk Regenschap (Kabupaten) Meester Cornelis. Saat itu kehidupan masyarakatnya masih di kuasai oleh para tuan tanah keturunan Cina. Kondisi ini terus berlanjut sampai zaman Jepang.

Saat itu, Jepang menerapkan sistem pemerintahan seperti di Jepang kepada seluruh sektor kehidupan. Nama Batavia, diganti dengan Jakarta. Regenschap Meester Cornelis menjadi KEN Jatinegara yang wilayahnya meliputi Gun Cikarang, Gun Kebayoran dan Gun Matraman.Setelah proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945, struktur pemerintahan kembali berubah, nama Ken menjadi Kabupaten, Gun menjadi Kewedanaan, Son menjadi Kecamatan dan Kun menjadi Desa/Kelurahan. Saat itu Ibu Kota Kabupaten Jatinegara selalu berubah-ubah, mula-mula di Tambun, lalu ke Cikarang, kemudian ke Bojong (Kedung Gede).

17 Februari 1950, sebanyak 40.000 rakyat Bekasi melakukan aksi unjuk rasa di alun-alun Bekasi. Mereka melakukan aksi ini untuk mengajukan usul kepada pemerintah pusat, agar Kabupaten Jatinegara, diubah menjadi Kabupaten Bekasi. Kemudian, berdasarkan UU No. 14 Tahun 1990 terbentuklah Kabupaten Bekasi, dengan wilayah 4 kewedanaan, 13 kecamatan, dan 95 desa.

Pada 1960, kantor Kabupaten Bekasi pindah dari Jatinegara ke Kota Bekasi di Jln. H. Juanda. Kemudian pada 1982, saat bupati dijabat oleh H. Abdul Fatah, gedung perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi kembali dipindahkan ke Jln. A. Yani No. 1, Bekasi.

Pada perkembangannya, Bekasi kemudian ditingkatkan menjadi kotamadya (Kota), melalui Undang-Undang No. 9 Tahun 1996. (Adm)

Sumber : bekasikota.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini