Tips Duduk di Sofa Agar Sehat

SofaPada umumnya, saat anda duduk di sofa, anda enggan untuk bangkit atau berdiri. Banyak hal yang dapat dilakukan di atas sofa kesayangan seperti membaca buku, bersantai, berkomunikasi, nge-game, dan lain sebagainya. Meskipun nyaman, duduk di sofa juga perlu diperhatikan agar kesehatan anda tetap terjaga.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba supaya terhindar dari beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh sofa:

Menjaga Kebersihan Sofa

Sofa yang sering diduduki dapat menjadi sarang berbagai macam virus, kuman, dan bakteri yang membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, bersihkan sofa secara rutin sekali dalam seminggu dengan menggunakan kemoceng atau penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran yang terselip di dalam sofa.

Jangan Berlama-Lama Duduk di Sofa

Selain menjaga kebersihan sofa, kesehatan tubuh juga harus dijaga. Terlalu lama duduk dapat mengakibatkan susah buang air besar atau sembelit. Selain itu, juga dapat mengganggu peredaran darah dan sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, jangan berlama-lama duduk di sofa, dan buatlah tubuh anda lebih aktif supaya tubuh tidak kaku dan terhindari dari beberapa macam gangguan tulang serta sendi.

Pilih Bahan Kain yang Kuat

Perhatikan bahan kain yang digunakan pada sofa tersebut, apakah tipis atau tebal. Hal ini bertujuan untuk menghindari bahan kain yang sangat mudah robek. Sebab, kain yang mudah robek dapat menaikkan eksposur bahan kimia yang berada di dalam sofa.

Pilihlah Bahan Alami

Sofa yang empuk dan nyaman, berisi busa poliuretan. Namun, sofa jenis ini tidak aman bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan beberapa macam gangguan kesehatan akibat bahan kimia yang dikandungnya. Pilihlah sofa yang menggunakan bahan alami seperti kayu yang lebih aman, kuat dan sehat. Agar nyaman, dapat ditambahkan busa atau pilih yang ada busa pada bagian alasnya.

Jadi, duduk di atas sofa juga dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan tanpa disadari. Oleh karena itu, hendaknya mengikuti beberapa macam tips di atas. (SD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini