Ternyata di Bekasi Ada Tim Koordinasi Pengawas Orang Asing (Sipora)

Orang AsingBEKASI SELATAN – Tim Koordinasi Pengawas Orang Asing (Sipora)  rutin melakukan pengawasan lapangan terkait kegiatan orang asing di Kota Bekasi.

“Rutin kami lakukan sidak ke lapangan bersama tim dari imigrasi, Polres, Kejaksaan, dan Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja,” ujar anggota tim pengawasan orang asing Kota Bekasi, yang juga kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Yekti Rubiah, di kantornya, Selasa (29/03).

Setidaknya ada 300-an orang asing yang tercatat bekerja di wilayah Kota Bekasi, baik di perusahaan, hotel, dan restoran.

“Tanpa mengganggu mereka, kami cek lokasi kerjanya, tempat hiburannya, bahkan di lokasi kafe, dan tempat karaoke,” kata Yekti.

Di Kota Bekasi sendiri, orang asing yang tinggal atau sekedar berwisata sudah diatur dalam Perda tenaga kerja asing, sehingga pemantauan dan pengawasan yang dilakukan tim sesuai dengan isi Perda.

“Kalau orang asing yang kerja di lokasi berbeda, misalnya di Bekasi dan Cikarang, maka akan dikenakan pajak oleh propinsi. Tapi jika kerja di Kota Bekasi, maka pajak akan ditarik oleh Kota Bekasi,” tambahnya.

Deportasi menjadi langkah terahir yang dilakukan tim apabila di lapangan ditemukan orang asing yang tidak memiliki visa kerja, atau visa kunjungan. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini