Sadiq Khan, Muslim Pertama yang Memimpin London

SadiqLondon sekarang memiliki walikota seorang Muslim. Ia bernama Sadiq Khan (keluarga keturunan Pakistan). Lahir di London, pada 8 Oktober 1970, dan tinggal di kota kecil bernama Tooting, London Selatan. Ayahnya merupakan sopir bus, dan ibunya merupakan seorang penjahit. Sadiq dan tujuh orang saudaranya dibesarkan di perumahan yang disubsidi oleh pemerintah setempat.

Sadiq Khan, dari Partai Buruh, ia mendapatkan sebanyak 1.148.716 suara. Sedangkan saingannya yang bernama Zac Goldsmith, dari Partai Konservatif, hanya mendapat 909.755 suara, pada Jumat (06/05).

Atas terpilihnya Sadiq sebagai walikota London, maka ini menjadi sejarah, karena ia merupakan walikota pertama di wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya dan juga zona perkotaan terbesar di Uni Eropa ini yang beragama Islam. Ia menggantikan walikota sebelumnya, Boris Johnson.

Zac Goldsmith sendiri adalah seorang aktivis lingkungan. Dia adalah putra taipan keuangan James Goldsmith. Goldsmith, seperti yang diberitakan melalui kompas.com, telah berulang kali melancarkan kampanye yang menuduh Sadiq mendukung kelompok ekstremis Islam.

Tuduhan yang dilancarkan oleh Goldsmith ini justru menguntungkan bagi pihak Sadiq, karena kelompok minoritas di London jadi bersatu untuk mendukungnya. Kelompok minoritas ini memberi dukungan kepada Sadiq hingga 60 persen.

Imigran Asia dan kulit hitam, Muslim, Sikh, Hindu, dan terutama India juga mendukung Khan. Kantor berita AFP juga mencatat, kampanye negatif yang dilakukan oleh Goldsmith tersebut memicu masyarakat jadi beralih untuk memilih Khan. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini