Kedahsyatan Suara Ibu Bagi Anaknya

Ilustrasi seorang ibu dan anaknyaBisakah kamu menebak, suara siapakah yang paling menenangkan bagi seorang anak? Musik klasik? Bukan. Jawabannya adalah suara ibu kandung sendiri.

Berdasarkan dari hasil penelitian, suara ibu kandung dinilai lebih menenangkan bagi seorang anak dibandingkan dengan suara lain selembut apapun.

Sejumlah area pada otak anak akan dengan segera aktif setelah ia mendengar ibunya berbicara. Area otak tersebut meliputi fungsi emosi, penghargaan, sosial, dan pemilihan skala prioritas dalam hidup.

Suara seorang ibu kandung bahkan akan lebih cepat masuk ke sistem otak anak. Dan hal ini membuat anak akan lebih cepat bereaksi, jika dibandingkan dengan suara yang lainnya.

Menurut Profesor Psikiatri dari Universitas Stanford, Vinod Menon, reaksi anak muncul karena hadirnya ikatan emosional antara ibu dan anak.

Penelitian mengenai suara ibu terhadap seorang anak ini, dilakukan terhadap 24 anak yang berumur 7-12 tahun. Mereka semua adalah anak-anak yang dibesarkan oleh ibu mereka sendiri, dan memiliki tingkat inteligensi diatas 80.

Tidak hanya itu saja, semua anak yang memiliki ikatan emosional dengan suara ibu mereka, memiliki kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi yang lebih baik.

“Ini adalah sebuah temuan yang penting. Setidaknya untuk mengatasi anak-anak yang memiliki kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi, seperti autisme,” kata Daniel Abrams, selaku instruktur kejiwaan (psikiatri) dan perilaku dari Universitas Stanford, sekaligus pemimpin penelitian, seperti dikutip dari Tempo.co.id, dalam CBSNews, Senin (16/05). (Adm)

Sumber foto : www.duajurai.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini