Pemkot Bekasi Permudah Perizinan, Cukup Sekali Pengajuan Dapat SIUP dan TDP

Amit RiyadiBEKASI SELATAN – Pengurusan perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) akan segera disederhanakan (disimplifikasikan) menjadi ‘Paket Hemat’. Nantinya, perusahaan hanya perlu melakukan satu kali pengajuan untuk mendapatkan dua izin sekaligus.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Amit Riyadi, mengatakan bahwa penyederhanaan ini sejalan dengan telah dikeluarkannya Paket Kebijakan Ekonomi Ke-12 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu, serta arahan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

“Ya, akan kita buatkan Paket Hemat untuk pengurusan SIUP dan TDP, dimana nantinya masyarakat hanya perlu melakukan satu kali pengajuan rekomendasi untuk dua izin yang keluar,” ujarnya saat ditemui infobekasi.co.id usai melakukan rapat simplikasi, Senin (23/5) sore.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi, Herbert Panjaitan. Menurutnya, dengan adanya paket hemat tersebut, nantinya akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin mengurus SIUP dan TDP.

“Penyederhanaan pengurusan SIUP dan TDP, ini langkah kita. Selama ini kan biasanya masyarakat harus pengajuan SIUP dulu, baru kalau SIUP sudah jadi dan ditandatangani, nanti baru pengajuan TDP. Nanti sudah dibarengi. Jadi lebih mudah dan efisien,” ujarnya.

Selain untuk memudahkan pelayanan, lanjut Herbert, ini juga merupakan poin dari Pemkot Bekasi untuk mendapatkan salah satu tujuan ditahun ekonomi dan investasi 2017 nanti.

“Ini juga salah satu cara agar investor mau melirik Bekasi. Dengan adanya pemangkasan ini, investor akan melihat bahwa perizinan di Kota Bekasi mudah. Ini bisa jadi stimulus peningkatan PAD dar sisi investor,” ucapnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini