Nobar Simfoni Satu Tanda, Wakil Wali Kota Bekasi : Sosok Darsono Jadi Inspirasi Pemkot Bekasi

Agenda nobar Ahmad SyaikhuBEKASI SELATAN – Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, usai menonton film Simfoni Satu Tanda di XXI Mega Mal Bekasi, Selasa sore (30/08), mengungkapkan bahwa sosok Darsono yang digambarkan dalam film tersebut menjadi inspirasi tersendiri bagi Pemerintah Kota Bekasi.

“Sore ini saya bersama pemangku jabatan dan pelajar di Kota Bekasi menyaksikan film Simfoni Satu Kata. Saya kira ini bisa menjadi satu inspirasi yang luar biasa, dimana sosok Pak Darsono ini menjadi inspirasi bagi kami di Pemerintah Kota dan para pelajar di Kota Bekasi,” katanya kepada Infobekasi.co.id.

Menurutnya, apabila satu orang saja bisa menjadi inspirasi dari ketidakberdayaan hidupnya hingga mampu bangkit dari keterpurukan, maka bukan tidak mungkin pelajar Kota Bekasi saat ini untuk dapat meniru sosok Darsono.

“Darsono kecil ini kan dari keluarga petani yang melarangnya sekolah. Namun dia nggak pantang menyerah untuk membangkitkan pendidikan, persahabatan, cinta, dan cita-cita hingga pada akhirnya mampu mewujudkan sebuah tonggak sejarah di bidang pendidikan, yaitu Universitas Pamulang. Andai Dinas Pendidikan punya inspirasi dan etos kerja seperti ini, saya kira tidak mustahil di Kota Bekasi akan ada universitas besar untuk mengangkat harkat martabat di dunia pendidikan Kota Bekasi,” paparnya.

Acara nonton bareng yang melibatkan 220 pelajar SMAN 2 di Kota Bekasi ini juga dipandang Ahmad Syaikhu sangat memberikan nilai positif bagi dunia pendidikan, terutama pembentukan karakter. Bahkan, secara spontan dirinya sempat membuat sebuah sayembara membuat sinopsis untuk siswa usai menonton film ini.

“Ini tadi spontanitas saja, yaitu sebagai upaya untuk menggerakkan para pelajar, bahwa ketika kita menyaksikan satu tayangan jangan sampai lepas begitu dan hanya sekedar jadi tontonan. Kita harus menangkap esensinya. Dengan membuat sinopsis, saya kira anak-anak ini akan bisa menangkap apa pesan yang ditangkap dari film ini. Dan tentu semua punya gambaran dari persepsinya masing-masing. Nah inilah mengapa saya beri kesempatan pelajar-pelajar yang telah menonton ini supaya bisa lebih kreatif. Jadi bukan hanya menonton, tapi mampu mewujudkan dalam bentuk sinopsis, dan nantinya yang terbaik akan kami beri apresiasi,” papar dia.

Wakil Wali Kota Bekasi ini berharap, para pelajar yang telah menyaksikan film ini akan lebih semangat lagi. Terlebih, kondisi pelajar saat ini sangat jauh berbeda dengan kondisi Darsono. Mulai dari suasana belajar-mengajarnya, bahkan dukungan dari orangtua maupun dari Pemerintah Kota.

Agenda nobar Ahmad Syaikhu 2“Dalam situasi di Kota Bekasi saya kira kondisinya jauh lebih baik. Andai ini peluang tidak dimanfaatkan dengan baik, saya kira sangat sayang. Kita nggak bisa menemukan potensi-potensi diri kita secara optimal.”

Senada dengannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie, mengakui bahwa agenda nonton bareng film inspirasional ini merupakan salah satu upaya dalam pembentukan karakter siswa sehingga memiliki nilai motivasi.

“Nilai juangnya ada banyak sekali di film ini, karena kaitannya mereka berjuang dari nol. Ya kita harap anak-anak ini, dengan fasilitas yang ada, paling tidak harus lebih baik dari sosok Darsono itu, mungkin dalam versi berbeda. Namun terkait bagaimana kisah inspiratif ini mendorong semua orang untuk bisa berusaha sendiri,” imbuhnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini