Tentang IPLS Pekayon, Wali Kota Bekasi : Itu Hanya Berlaku Satu Tahun

Rahmat EffendiBEKASI SELATAN – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, usai menerima konfirmasi dan klarifikasi dari pihak Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur perihal Izin Penggunaan Lahan Sementara (IPLS) di sepadan Sungai Pekayon menegaskan bahwa izin tersebut hanya berlaku selama satu tahun.

“Kemarin sudah dapat klarifikasi. Sejauh ini kan banyak yang mempertanyakan perihal IPLS, bahkan sampai ada pengakuan masyarakat hingga akhirnya dijadikan bangunan permanen oleh warga. Itu (surat IPLS) hanya berlaku satu tahun,” ujarnya, Senin (07/11).

Ia mengungkapkan, Pemerintah Kota Bekasi sebelumnya telah melayangkan surat kepada PJT II guna meminta penjelasan dan klarifikasi perihal proses penataan ruang di Kota Bekasi di atas lahan ex-SS Pekayon yang dalam hal ini merupakan milik Kementrian PUPR dan dikelola oleh PJT II.

Dalam surat balasan yang ditujukan kepada Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan bahwa PJT II mengatakan dalam poin ketiga bahwa berkaitan dengan Surat Izin Penggunaan Lahan Sementara (SIPLS) yang diterbitkan oleh PJT II guna pengamanan lahan milik negara sehingga adanya pengakuan dari masyarakat terhadap lahan negara, sebetulnya telah diatur dalam SIPLS dan hanya berlaku satu tahun, yaitu hingga tahun 2008.

“Kalau bangunan dijadikan rumah tentu melanggar. Keberadaan bangunan ini yang melangar hukum. Kami sudah MoU dengan Dirjen Tata Air, dimana kami sedang amankan aset negara. Kami ingin pakai untuk umum kok. Jadi proyek ini harus jalan terus,” kata dia. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini