Wakil Dewan Pendidikan Bekasi Dukung Penghapusan UN

Via : poskotanews.com
Via : poskotanews.com

BEKASI UTARA – Rencana Kemendikbud untuk menghapus Ujian Nasional (UN) tahun 2017, didukung sepenuhnya oleh Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Abdul Muin Hafied.

Kepada Infobekasi.co.id, Minggu (27/11), Muin secara tegas menyatakan dukungannya atas langkah yang diambil oleh Kemendikbud terkait hal tersebut.

“Saya mendukung langkah penghapusan UN tahun 2017 mendatang dan yang terpenting konsep pendidikan yang digulirkan harus merata,” tuturnya.

Diakui Muin, dengan adanya Moratorium UN 2017 mengenai penghapusan UN tersebut, hal ini sebenarnya sudah diputuskan berdasarkan pada putusan Mahkamah Agung (MA) 7 tahun silam.

“MA 7 tahun silam sudah mengeluarkan putusan tersebut dan saya rasa tepat jika hal tersebut dilakukan,” imbuhnya.

Untuk itu, jika penghapusan UN disemua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat dilaksanakan, maka harus ada peningkatan sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang berkualitas di sekolah-sekolah.

Dan Ujian Akhir tersebut nantinya menjadi salah satu unsur di dalamnya yang dijadikan pertimbangan kelulusan, jadi bukan menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan.

“Jika benar-benar dilaksanakan, maka harus ada peningkatan kualitas SDM juga,” pintanya.

Seperti diketahui, Moratorium UN 2017 mengenai penghapusan UN tersebut, maka ujian akhir bagi sekolah akan dilakukan secara desentralisasi.

Untuk Ujian Akhir SMA-SMK diserahkan ke pihak Provinsi setempat sedangkan SMP-SD diserahkan ke Kabupaten atau Kota setempat.

Dan Ujian Nasional (UN) di Indonesia rencananya akan kembali dilaksanakan jika level pendidikan di Indonesia sudah merata secara keseluruhan. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini