Akhir Desember, Disdukcapil Kota Bekasi Keluarkan 1.190 SKTS

kepala-dinas-disdukcapil-kota-bekasi-erwinBEKASI TIMUR – Hingga akhir Desember 2016, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi telah mengeluarkan 1.190 Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) bagi Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Kota Bekasi.

“Memang benar kami telah mengeluarkan SKTS sebanyak 1.190 hingga akhir Desember 2016 ini, dan itu pun setelah mereka dapatkan rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi,” ujar Kepala Dinas Disdukcapil, Erwin, kepada infobekasi.co.id, Rabu (28/12), di ruang kerjanya.

Kata dia, SKTS yang dikeluarkannya bagi WNA tersebut resmi bagi mereka yang bekerja di Kota Bekasi dan membutuhkan surat keterangan menetap.

“Ketika mereka bekerja di sini, maka mereka wajib memiliki surat tersebut, sebagai identitas diri,” katanya menambahkan.

Dengan masa berlaku selama satu tahun, SKTS yang dikeluarkannya tersebut didominasi oleh pekerja yang berasal dari Korea Selatan, Jepang, Cina, dan Filipina.

“Kebanyakan WNA-nya masih dari wilayah Asia, baru sisanya dari Eropa,” ucap dia.

Meskipun demikian, pihaknya akan memberlakukan kepengurusan SKTS tersebut bagi WNA untuk melakukan kepengurusannya langsung ke Disdukcapil Kota Bekasi pada tahun 2017 mendatang.

“Karena selama ini kepengurusannya dilimpahkan ke agen mereka masing-masing, tapi awal Januari 2017 mereka wajib mengurus dan datang sendiri ke sini, karena ada beberapa hal yang harus mereka tandatangani,” tutur Erwin. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini