SMAN 4 Bekasi Deklarasikan Gerakan Pita Biru

BEKASI UTARA – Meskipun pelaksanaan Ujian Nasional (UN) masih hitungan bulan, namun sejumlah siswa yang tergabung di dalam Forum Silaturahmi Masjid Al-A’raaf (Fosma) Rohis dan OSIS SMAN 4 Bekasi, mendeklarasikan Gerakan Pita Biru.

Ketua Umum Fosma SMAN 4 Bekasi, M. Aqshal Jilham Karunia, mengatakan ide Gerakan Pita Biru untuk mengajak seluruh siswa SMAN 4 Kota Bekasi untuk menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam melaksanakan ujian.

“Ide awalnya hanya ingin mengetuk hati nurani mereka untuk selalu bersikap jujur,” tutur Aqshal, Jumat (17/2).

Ia menuturkan, dengan mengedepankan filosofi pita berwarna biru, seperti kejujuran, ketenangan, kesetiaan, bisa diandalkan, keharmonisan, memberi kesan lapang, dan sensitif, para siswa dihimbau untuk menggunakan pita itu saat ujian berlangsung.

“Ada filosofi sendiri kenapa kami menggunakan pita biru,” terangnya

Aqshal menekankan, gerakan pita biru bukan hanya dipergunakan ketika pelaksanaan UN saja, melainkan ujian lainnya seperti Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS) maupun ulangan harian lainnya di sekolah.

“Gerakan Pita Biru ini juga kami terapkan kepada siswa untuk melaksanakan ulangan-ulangan lainnya di sekolah,” katanya.

Aris Santoso, salah seorang siswa SMAN 4 Bekasi, mengatakan dengan adanya pencanangan Gerakan Pita Biru yang sudah menjadi budaya di sekolahnya tersebut, diharapkan hal ini bisa terus diterapkan oleh siswa SMAN 4 Bekasi.

Sehingga selain menjadi sebuah kebudayaan, hal ini juga menjadi sebuah pembeda bagi SMAN 4 Bekasi terhadap sekolah-sekolah lainnya di Kota Bekasi terkait pelaksanaan ujian jujur.

“Gerakan ini diharapkan bisa terus menjadi sebuah budaya bagi siswa dan pembeda dengan sekolah lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Bekasi, Ardin, menyatakan dukungannya terhadap Gerakan Pita Biru yang dideklarasikan oleh siswanya di sekolah.

Ia berharap dengan begitu, siswa-siswi SMAN 4 Bekasi bisa melaksanakan UN dengan penuh kejujuran dan memperoleh hasil yang maksimal.

“Saya sangat mendukung sekali hal ini dan saya berharap mereka bisa memperoleh hasil yang maksimal,” tandasnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini