Berkeringat Berlebih Dimalam Hari? Ini Penyebabnya

Pernahkah anda merasa panas sehingga berkeringat pada malam hari menjelang tidur? Meski cuaca di luar rumah sedang dingin karena hujan turun? Atau meski pendingin ruangan sudah dinyalakan?

Kondisi yang seperti itu memang dianggap normal, namun patut anda curigai ketika terjadinya tiap malam. Anda sudah harus memeriksakannya ke dokter.

Berkeringat yang sudah dikatakan tidak normal adalah yang keluarnya berlebih, dengan ciri baju dan alas tidur anda sampai basah, yang tidak ada hubungannya dengan suhu di sekitar anda.

Ada sejumlah penyebab munculnya keringat banyak di malam hari. Untuk menemukan penyebabnya, dokter harus melihat riwayat medis anda. Beberapa dugaan penyebabnya misalnya:

Menopouse

Rasa panas yang tiba-tiba saja menyerang termasuk pada malam hari, besar kemungkinan bermula dari proses menopouse pada wanita. Ini adalah hal yang lumrah terjadi.

Hiperhidrosis Idiopatik

Ini adalah kondisi ketika tubuh secara kronis memproduksi terlalu banyak keringat tanpa penyebab medis yang bisa dikenali.

Infeksi

Infeksi seperti Tubercolusis adalah yang paling sering dihubungkan dengan keringat di malam hari. Namun infeksi bakteri, sepeti endokarditis atau peradangan di katup jantung juga bisa memicu keringat. Atau bisa juga osteomyelitis atau peradangan di tulang dan abses yang bisa menyebabkan munculnya keringat di malam hari.  Keringat juga merupakan gejala dari infeksi HIV.

Kondisi Neurologik

Meski tak umum, kondisi neurologik termasuk disrefleksia autonomik, posttraumatik syringomelyelia, stroke dan autonomik neuropathy mungkin menyebabkan keringat berlebih.

Pengobatan

Jika anda sedang mengonsumsi obat antidepresan besar kemungkinan dari sinilah muncul keringat berlebih itu. Antidepresan atau obat untuk pengendali depresi terbukti pada 8-2  persen  penggunanya memang menimbulkan keringat berlebih. Ada pula obat jenis lain yang juga berefek pada munculnya keringat meski tidak terlalu banyak. Yakni aspirin dan acetaminophen.

Kanker

Keringat di malam hari bisa juga merupakan pertanda awal masalah kanker. Umumnya pada kasus limfoma. Namun biasanya orang yang didiagnosa dengan kanker juga menunjukkan gejala lain seperti bert badan turun atau demam.

Hipoglikemi

Hipoglikemi atau kadar gula darah rendah juga bisa memicu munculnya keringat. Pada mereka pengidap diabetes yang menggunakan insulin atau obat diabetes oral, bekeringat saat malam besar kemungkinan adalah pertanda gula darah mereka sedang rendah. Biasanya dalam kondisi ini yang muncul adalah keringat dingin. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini