Wali Kota Bekasi Dukung Program Ketuk Pintu untuk Tekan Tuberkulosis

BEKASI SELATAN – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyatakan dukungannya terhadap program Ketuk Pintu yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi untuk menekan angka penyakit Tuberkulosis (TB) di Kota Bekasi. Hal ini disampaikan langsung dihadapan para camat dan lurah se-Kota Bekasi, kepala puskesmas se-Kota Bekasi, para juru pemantau jentik (jumantik) dan sejumlah kepala dinas di Kota Bekasi, dalam acara Pencanangan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Peringatan Hari Tuberkulosis Se-Dunia di aula kantor Kecamatan Bekasi Selatan, Jumat (24/03).

“Saya sangat mendukung program tersebut, dan saya yakin hal ini akan sangat efektif menekan angka penyakit TB-nya,” tutur Rahmat Effendi.

Ia mengatakan, dengan adanya sebuah terobosan tersebut, maka penanggulangan penyakit TB akan menjadi efekfif, karena warga dilibatkan langsung untuk mengenali dan melakukan proses pencegahan menyebaran penyakit tersebut di lingkungannya.

“Peran aktif warga akan sangat besar di sini, sehingga mereka bisa ikut dalam proses pencegahannya,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bekasi, Kusnanto, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan para tenaga terlatih untuk melakukan proses sosialisasinya ke warga.

“Untuk mendukung program ini, Dinkes Kota Bekasi sudah mempersiapkan para tenaga ahli di bidangnya yang sudah terlatih,” ucap Kusnanto.

Ia juga menjelaskan, pada perkembangannya terdapat 706 terduga kasus tuberkulosis di Kota Bekasi, dan 575 orang dirujuk terkait penyakit tersebut.

“Dan setelah dilakukan pemeriksaan, terdapat kurang lebih tujuh belas orang yang terindikasi terkena penyakit TB, dan melalui program ini diharapkan bisa mencegah penyakit tersebut beredar luas di Kota Bekasi,” imbuhnya. (Adv/Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini