Wali Kota Bekasi Minta Kolam Isap JORR Kalimalang Dirancang Ulang

BEKASI BARAT – Genangan air yang sering terjadi dalam beberapa minggu terakhir di Underpass JORR setelah hujan lebat hingga menyebabkan Jalan K.H. Noer Ali terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan, membuat Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi melakukan sidak.

Pria yang akrab disapa Pepen ini mengatakan, pekerjaan crossing saluran dan pekerjaan kolam isap yang dilakukan oleh Dinas PUPR tidak akan maksimal karena tempat kolam isap yang dibuat sebelum dipompa ke Kali Cakung tidak dapat menampung air dalam jumlah yang banyak, sehingga debit air yang ada di jalan bawah Underpass JORR tidak dapat dibuang secara maksimal dan mengakibatkan genangan hingga ketinggian 50 cm.

“Kolam isap ini menampung air dari jalan tol, dari atas jalan raya arah Bekasi maupun dari arah Caman debit air sangat banyak, diperlukan kolam isap yang lebih besar dari yang dibuat ini,” ujarnya, Kamis (06/04).

Menurutnya, apabila kolam isap hanya dibuat dengan lebar satu meter dan kedalaman satu meter, maka tidak akan menyelesaikan masalah. Yang diperlukan adalah pembangunan yang lebih lebar lagi.

“Kalau dilebarkan beberapa meter lagi terus dikedalamannya ditambah jadi 5 meter, kemudian disediakan mesin pompa dengan kapasitas tertentu, maka di bawah Underpass akan aman,” ucap dia.

Pepen mengamanahkan kepada Dinas PUPR untuk dapat merancang kembali kolam isap sehingga kedepan dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

“Coba dirancang kembali keperluan untuk kolam isap ini dan mesin pompa yang disediakan juga disesuaikan, agar setelah hujan tidak terjadi genangan atau banjir lagi di bawah Underpass,” tutur dia. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini