Tuntaskan Kawasan Kumuh, Disperkimtan Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

BEKASI SELATAN – Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi gencar mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan guna mencapai target menuntaskan wilayah kumuh di Kota Bekasi.

“Upaya kami menggerakan warga untuk lebih peduli lingkungan. Terutama untuk mencapai program keciptakaryaan 100 persen penyediaan air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi,” ujar Kepala Seksi pada Disperkimtan Kota Bekasi, Luthfi Hanifah, Rabu (19/04), saat melakukan sosialisasi di kantor Kelurahan Jakamulya, Bekasi Selatan.

Menurutnya, setiap proses pembangunan perumahan tidak akan dapat maksimal apabila hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja. Pemerintah perlu peran serta yang dilakukan oleh masyarakat.

“Terutama dalam bidang sampah. Pengelolaannya di kawasan perumahan dan pemukiman. Lalu infrastruktur, apabila drainase ada sedimentasi dan butuh gerakan pengangkutan sampah warga bisa ikut bergerak. Jadi tidak menunggu dari pemerintah saja,” ucapnya.

Menurut luthfi, salah satu tujuan dari kegiatan ini ialah warga nantinya tidak akan menjadi pasif dalam menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

“Seperti di wilayah ini ada enam belas RW yang terdiri dari sebelas perumahan dan lima pemukiman. Kalau perumahan sih sudah tertata. Tapi kalau pemukiman, itu yang jadi PR kami. Makanya bagaimana agar warga bisa bergerak minimal lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, sanitasi dan titik-titik kumuh bisa berkurang,” imbuh Luthfi. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini