Kerap Terjadi kecelakaan, Dishub Razia Bus Tak Layak Jalan

BEKASI TIMUR – Untuk meminimalisir kecelakanaan yang akhir-akhir ini terjadi, dengan korban yang cukup banyak, Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan pemeriksaan kelayakaan kendaraan di Terminal Induk Kota Bekasi, Rabu siang (3/5).

Kepala Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Zeno Bachtiar mengatakan pemeriksaan kendaraan kerap kali dilakukan oleh Dishub Kota Bekasi untuk memastikan kendaraan tersebut layak jalan atau tidak.

“Ini sudah menjadi giat rutin kita, ditambah lagi adanya persoalan kecelakaan bus yang terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat, kita lebih memantau lagi kendaraan yang tidak layak jalan,” kata Zeno kepada infobekasi.co.id Rabu (3/5) di Terminal Bekasi.

Zeno mengatakan pemeriksaan yang dilakukan dengan mengecek bagian rem, kondisi ban, lampu, rem tangan dan bagian lainya.

“Hal tersebut guna mengetahui, layak atau tidak kendaraan tersebut dan juga untuk memastikan keamanan penumpang,” kata Zeno.

Untuk kendaraan yang tidak layak jalan, Dinas Perhubungan akan memberi catatan kepada supir atau PO bus tersebut, untuk segera memperbaiki kendaraannya.

“Ada beberapa bus yang menjadi catatan kita, kita akan berikan sanksi, dan kita kasih sanksi ringan, tetapi kami juga bisa berikan sanksi berat kalau bus tersebut tidak kunjung diperbaiki sesuai aturan,” katanya.

Sementara itu supir bus Jurusan Bekasi-Bantarujeg-Majalengka bernama Agus yang diberi catatan oleh Dishub Kota Bekasi lantaran kondisi mobil tidak ada rem tangan, kondisi ban yang botak, serta lampu penerangan tidak layak, untuk segera memperbaiki kendaraannya.

“Iya disuruh perbaiki, ya nanti akan diperbaiki lagi, lampu, rem tangan sama bannya,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini