Seram, Blue Whale Challenge Permainan Mematikan

Blue Whale Challenge adalah sebuah permainan yang disebar melalui jejaring sosial dan berawal dari negara Rusia.

Target pemain dalam permainan ini adalah orang yang labil yang dapat dihasut mengikuti serangkaian permainan hingga melakukan aksi bunuh diri. Permainan ini bahkan telah menyebabkan sekitar ratusan remaja bunuh diri di Rusia.

Isi dari permainan ini yakni pemain harus melakukan tantangan selama 50 hari penuh dan serangkaian tantangannya bersifat menyiksa para pemainnya, baik secara fisik maupun mental.

Tantangan diberi nama Blue Whale karena dianggap sesuai dengan perilaku paus yang mendamparkan diri ke pantai untuk mati.

Permainan yang berawal dari negara Rusia ini sudah mulai menyebar ke negara lain, seperti di Cile. Pemerintah dan pihak kepolisian sudah mulai memperingati orangtua tentang permainan ini.

Presiden Chile Michele Bachelet, akhir April lalu, meluncurkan sebuah program untuk memperkuat keamanan dunia maya di Chile melalui serangkaian langkah.

Tujuannya menciptakan kesadaran masyarakat tentang risiko di dunia digital yang berfokus pada kelompok yang paling rentan yaitu remaja.

Salah satu aktris terkenal Indonesia yakni Christian Sugiono telah mewaspadai permainan ini, lewat akun twitternya @csugiono, ia menjelaskan tentang apa itu game Blue Whale.

“#BlueWhaleChallenge adalah permainan berbasis social media yang pertama kali rame di socmed Rusia VKontakte, orang-orang akan melakukan challenge yang dikasih, Challenge yang bermacam-macam yang ujung-ujungnya adalah harus bunuh diri,” ungkap Christian Sugiono melalui akun twitternya.

Ia juga berharap game tersebut tidak memasuki Indonesia dan ia juga menghimbau pada para pengguna socmed di Indonesia agar lebih waspada terhadap game tersebut.

“Mudah-mudahan nggak sampe masuk ke Indonesia. Kalo pun masuk mudah-mudahan kita semua aware #BlueWhaleChallenge,” harap Christian Sugiono.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini