Bangunin Sahur Ala Anak-Anak Jalan Padat Karya

BEKASI TIMUR – Budaya membangunkan sahur dengan berbagai macam cara, rupanya masih dipelihara dengan baik oleh sejumlah warga di Jalan Padat Karya, Rt02, Rw06, Kelurahan Durenjaya, Bekasi Timur.

Toto, salah seorang anak, menuturkan bahwa budaya membangunkan sahur di daerahnya sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu.

Dengan berbekal gerobak, kaleng drum berukuran besar, kaleng drum plastik, botol sirup dan obor, ia dan sejumlah anak-anak di daerahnya keliling kampung dimulai sejak pukul 02.00 pagi hingga pukul 03.00 pagi.

“Kami biasanya mulai keliling sejak pukul 02.00 pagi menggunakan gerobak membangunkan warga di kampung kami untuk sahur,” ungkap Toto kepada infobekasi.co.id, Rabu (7/6).

Sambung Toto, dengan alunan irama yang dihasilkan dari bunyi-bunyian drum kaleng dan plastik serta sejumlah alat lainnya, alunan musik yang dimainkannya pun cukup bervariasi.

“Musik yang dimainkan bervariasi, mulai dari nada yang berirama cepat hingga lambat,” sambung Toto.

Bagas, kawan Toto, juga mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, budaya membangunkan sahur keliling menggunakan gerobak dan alunan irama drum, diharapkan mampu menjadi ciri khas tersendiri di tempatnya.

Selain itu pula, aksi yang dilakukan rutin setiap bulan puasa tiba tersebut, bisa membawa berkah tersendiri bagi kami dan warga yang dilewati oleh rombongan kami.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap bulan puasa tiba dan kami berharap ada berkah yang bisa dirasakan dari apa yang kami lakukan bersama teman-teman,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk kegiatan tersebut, setiap tahunnya jumlah anak-anak yang ikut keliling pun selalu bertambah jumlahnya.

“Alhamdulillah jumlah anak-anaknya selalu bertambah setiap tahunnya dan semakin ramai,” ulasnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini