Berbeda Dengan SMK, Ternyata Jalur Zonasi Paling Diminati Calon Siswa SMA Negeri

MEDANSATRIA – Berbeda dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tingkat SMK dimana jalur afirmasi paling diminati, kali ini di tingkat SMA jalur zonasi diserbu oleh para calon siswa SMA.

Seperti penuturan Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Bekasi, Waluyo, pelaksanaan PPDB Online di tingkat SMA Negeri yang dilaksanakan sejak 6-10 Juni 2017 dengan proses seleksi melalui jalur non akademik yang terdiri dari jalur prestasi, afirmasi dan zonasi, ternyata jalur zonasi yang paling banyak dipilih oleh para calon siswa.

Sedangkan untuk proses seleksi melalui jalur akademik, hal tersebut baru akan dilaksanakan pada 3-8 Juli 2017 mendatang.

“Jalur zonasi paling diminati, sedangkan afirmasinya sedikit,” singkat Waluyo.

Kepada infobekasi.co.id, ia mengatakan, banyaknya siswa yang mendaftar melalui jalur zonasi tersebut, dikarenakan lokasi tempat tinggal mereka lebih dekat dengan sekolah.

“Sehingga proses pendaftarannya jauh lebih mudah dan hal inilah yang menjadi pertimbangan mereka memilih jalur ini bila dibandingkan jalur lainnya,” jelasnya.

Dengan jumlah kuota siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 10 Bekasi sebanyak 360 orang siswa dengan jumlah rombongan belajar (Rombel) sebanyak 10 buah dan satu rombelnya terdiri dari 36 orang siswa, persentasi pembagian kuotanya untuk jalur prestasi 10 persen, afirmasi 20 persen dan zonasi 10 persen.

“Sedangkan di jalur akademik persentasenya sebanyak 60 persen,” akunya.

Hanya saja, untuk pendaftaran di jalur zonasi, para siswa tidak bisa mendaftar secara online, melainkan harus manual dan datang ke sekolah.

Hal ini berbeda dengan siswa yang mendaftar dijalur prestasi dan afirmasi, mereka bisa mendaftar melalui online.

“Kalau jalur zonasi daftarnya manual, jalur prestasi dan afirmasi daftarnya bisa via online, hanya hal itu saja yang membedakannya,” tandasnya. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini