5 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag Saat Sahur

Maag dan asam lambung adalah dua penyakit yang kalau tiba-tiba kambuh saat kita sedang berpuasa seperti sekarang bisa saja membuat kita niat mau batal.

Nah, daripada malah kehilangan satu hari berpuasa, lebih baik hindari makanan yang bisa memicu kedua penyakit tersebut. Sehingga ketika sahur nanti, kamu lebih hati-hati lagi saat memilih menu sahur.

Berikut Infobekasi.co.id memparkan makanan yang harus dihindari saat sahur:

Makanan Pedas

Pedasnya makanan memang tidak bisa dipungkiri menambah keasyikan dan kelezatan saat sedang bersantap ria. Namun, saat ini bagi kamu yang takut maag dan asam lambungnya kambuh lebih baik berusaha untuk tidak mengkonsumsi makanan bernuansa pedas terlebih dahulu saat sahur. Hati-hati, melahap makanan seperti cabai, sambal, saos, ataupun merica secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

Makanan Asam

Makanan yang mengandung cuka, asinan, acar, maupun buah-buahan seperti kedondong, nanas, belimbing, dan mangga muda juga sebaiknya perlu kalian hindari. Semua makanan tersebut di atas merupakan segelintir contoh makanan yang mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Ketika asam yang terdapat pada makanan tersebut masuk ke dalam perut, secara tidak langsung ia akan melejitkan kadar asam lambung yang ada di dalam perut. Akibatnya asam lambung sewaktu-waktu bisa saja menyerang.

Kafein

kafeinKadar kafein yang cukup tinggi ternyata juga mampu meningkatkan keasaman di lambung. Sehingga agar maag dan asam lambung tidak menganggu aktivitas puasa sebaiknya hindari semua minuman dan makanan yang mengandung kafein ini. Yang paling terkenal dari makanan yang mengandung kafein adalah kopi, tetapi sebenarnya teh, coklat, es krim, kuaci, minuman berenergi, permen penyegar nafas, coklat, dan minuman bersoda yang juga mengandung kafein.

Makanan Berminyak dan Berlemak

Minyak dan lemak berlebih dipercaya dapat membuat lambung teriritasi. Oleh sebab itulah, sebaiknya cari menu sahur yang sehat dan hindari makanan seperti gorengan, sayuran tumis, dan jeroan.

Makanan yang Bertekstur Keras

Makanan dengan tekstur yang cukup keras dapat menyebabkan luka di lambung serta meningkatkan kadar asam lambung di perut. Karena itu sebaiknya kalian tidak perlu mengonsumsi makanan seperti dodol, beras ketan, daging merah, dan jagung sebagai menu sahurmu di bulan Ramadan ini.

Nah buat kalian yang punya masalah maag atau asam lambung, sebaiknya mulai menghindari 5 menu sahur di atas supaya puasa kamu lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini