Kamu Boros, Nih Tips Hemat yang Cocok Buat Kamu!

Setiap orang memiliki pola mengatur keuangan yang berbeda-beda. Ada yang mengatur keluar masuknya uang dengan tertib. Ada pula yang sangat boros hingga uangnya begitu cepat habis. Kamu tipe yang yang mana? Kalau kamu merasa boros banget, coba deh ikuti tips berhemat ketat di bawah ini.

Memasak di Rumah

Memasak sendiri di rumah sangat membantu menjaga keuanganmu loh! Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk makan di luar rumah. Bahan-bahan memasak pun harganya lebih murah dibanding kamu membeli seporsi makanan di luar.

Belanja di Pasar Tradisional

Biasakan berbelanja di pasar tradisional. Keuntungan belanja di pasar tradisional adalah harganya yang lebih terjangkau dan kamu bisa menawarnya. Kalau di pasar modern, kamu tidak bisa tawar menawar dan harganya lebih mahal!

Membawa Bekal dan Air Minum dari Rumah

Kebiasaan ini sangat baik jika kamu lakukan. Membawa bekal dan air minum dari rumah itu membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Kalau kamu tidak membawa air minum sendiri dari rumah, kamu akan terbiasa membeli di kios-kios.
Meski harga air minum tersebut sangat murah, tapi kamu tidak akan menyadari berapa banyak uang yang kamu keluarkan selama sebulan untuk membeli air minum.

Simpan Uang Receh yang Ada

Uang receh itu perlu banget loh! Tanpa Rp 100, uangmu hanya berjumlah Rp 9.900 dan tidak akan menjadi Rp 10 ribu. Uang receh yang kamu kumpulkan, lama-lama pasti berjumlah banyak dan kamu tak akan menyadarinya! Maka dari itu, simpan uang recehmu!

Menabung di Celengan yang Tertutup Rapat

Pilihlah celengan yang tertutup rapat. Jangan pilih celengan yang ada lubang untuk membukanya. Kumpulkan niatmu untuk benar-benar menabung! Celengan yang tertutup rapat akan membuat kamu benar-benar menabung dan tidak mengambil sepersenpun dari uang tersebut.

Cari Promo Dari Berbagai Tempat

Berbagai toko, minimarket maupun supermarket sering memberi promo yang menarik. Promo tersebut akan menguntungkan kamu! Kamu juga bisa mendapatkan barang atau produk yang sungguh kamu inginkan. Uang yang kamu keluarkan pun tidak banyak karena ada promo.

Kurangi Jalan-Jalan

Ini dia hal yang pasti paling susah dilakukan. Hmm, jalan-jalan terlalu sering itu bisa bikin kamu makin boros. Setiap kali jalan-jalan, bisa jadi kamu mengeluarkan uang untuk membeli jajan, baju, sepatu atau semacamnya. Kalau kamu berhasil mengurangi jalan-jalan, uang kamu juga tak akan habis dengan cepat!
Niat dan tekad yang bulat juga harus kamu kumpulkan untuk benar-benar berhemat! Tips berhemat ketat di atas bisa jadi referensi kamu agar menahan keborosanmu tersebut! Semangat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini