Tahun Politik, Polisi dan Ormas Sepakat Jaga Kondusifitas

Salah seorang perwakilan pimpinan Ormas menyampaikan pendapatnya dalam silaturahmi bersama Kepolisian Resor Metro Bekasi Kabupaten, Sabtu (27/01).

CIKARANG- Memasuki tahun politik, Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Bekasi Kabupaten melakukan silaturahmi dengan puluhan petinggi Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah, Sabtu (27/01).

Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, Komisaris Besar Chandra Sukma Kumara mengatakan, sebagai penanggungjawab keamanan di Kabupaten Bekasi tentunnya wajib mengajak seluruh masyarakat beserta elemenya, termasuk Ormas untuk bersama-sama menjaga kondusifitas serta keamanan.

“Kita berharap, Kejadian (bentrok antar ormas) di Kota Bekasi kemarin (Kamis, 25/01), tidak terjadi di Kabupaten Bekasi. Oleh karena itu saya merespon, dan langsung mengumpulkan para pengurus maupun ketua Ormas ini,” jelasnya kepada awak media usai tatap muka dengan ormas di salah satu rumah makan, di Jababeka, Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/01).

Lanjut Chandra, pertemuan ini juga untuk bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan. Karena Kabupaten Bekasi ini milik semua masyarakat. Semua warga Kabupaten Bekasi memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan.

“Jadi dengan kebersamaan ini, menjadikan rasa memiliki bersama sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Bekasi ini,” ujar dia.

Ia menambahkan, dalam pertemuan, dirinya menekankan agar menjaga kondusifitas di tahun politik 2018 ini. Pasalnya, Ormas yang memiliki massa kemungkinan besar di dekati Partai Politik (Parpol). Dengan adanya perbedaan itu jangan sampai menimbulkan perpecahan.

“Ya memang betul. Apapun yang namanya pesta politik itu ada potensi konflik. Ormas-Ormas ini kan punya massa, Parpol pun pasti mendekatinya. Jangan sampai dengan adanya perbedaan, menimbulkan gesekan-gesekan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Ormas Bekasi (AOB), M Zainal Abidin menuturkan, pihaknya memprakarsai pertemuan Ormas se-Kabupaten Bekasi ini untuk terus menjaga kondusifitas keamanan sekaligus menyambung tali silaturahmi.

“Karena Kabupaten Bekasi ini adalah penunjang Ibu Kota dengan berdirinya berbagai kawasan industri. Maka kita berharap semua elemen masyarakat bersama-sama terus menjaga kondusifitas di Kabupaten Bekasi tercinta ini,” ujar dia.

Dia mengatakan, pihaknya tak ingin kejadian bentrok antar Ormas di Kota Bekasi terjadi di Kabupaten Bekasi. “Kita pun berharap kepada yang ingin menyampaikan aspirasinya, benar-benar orang Bekasi. Kita akan dukung penuh. Agar menyambung konteksnya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, dalam pertemuan, para petinggi Ormas selain melakukan penandatanganan di sebuah spanduk sebagai bentuk sepakat bersama-sama menjaga kondusifitas, mereka juga menandatangani nota kesepakatan menjaga kondusifitas dengan Polres Metro Bekasi Kabupaten. (bams/ely)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini