Lewat ‘Sahabat Inklusi’, Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Bermain Salju

Infobekasi.co.id – Puluhan anak berkebutuhan khusus merayakan Hari Anak Nasional 2019 di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/7). Perayaan dikemas dengan bermain salju di Trans Snow World, Jalan Juanda, Bekasi Timur. Melalui program Sahabat Inklusi, perayaan ini dimotori oleh Yayasan Pusat Kemandirian Anak (YPKA) Bekasi.

“Untuk mewujudkan masyarakat yang inklusi, dimana anak-anak berhambatan diterima dan mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang sama seperti anak-anak lainnya,” kata Ketua Yayasan Pusat Kemandirian Anak (YPKA), Bunda Nefrijanti, Minggu (28/7).

Program ini, kata dia, dibuat untuk memberikan ruang bagi anak-anak yang berhambatan berbaur dengan teman-temannya yang tidak berhambatan dan masyarakat pada umumnya. Karena itu, setelah bermain wahana salju diharapkan setiap anak berkebutuhan khusus memiliki kesan mendalam.

“Tentunya mengenai persahabatan antara anak berkebutuhan khusus dengan yang normal. Karena, pada dasarnya setiap anak mendapatkan hak yang sama di dalam aspek sosial,” ujar Nefrijanti.

Salah satu anak berkebutuhan khusus, Azarina mengaku senang bisa bermain salju. Ini merupakan kali pertama anak asal Bandung, Jawa Barat bermain wahana layaknya di negara-negara eropa tersebut. “Seru, tapi dingin,” ujar gadis 18 tahun ini.

Di wahana itu, Ririn bersama dengan kawan-kawannya bermain perosotan, kereta gantung, dan lainnya. Ririn datang bersama dengan orang tuanya, Leli atas undangan yayasan. Menurut Leli, program inklusi sangat penting untuk menyosialisasikan hak-hak anak berkebutuhan khusus.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengapresiasi perayaan Hari Anak Nasinal yang diikuti oleh anak berkebutuhan khusus. Melalui adanya program itu, kata dia, pemerintah daerah semakin semangat untuk mempertahankan predikat kota layak anak.

“Kota Bekasi baru saja mendapatkan penghargaan kota layak anak kategori Nindya, ini menjadi sebuah prestasi,” ujar Tri.

Penghargaan kota layak anak itu diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yambise di Acara Puncak Peringatan Hari Anak 2019, dan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan pada 24 Juli lalu.

Kota Bekasi meraih penghargaan itu karena dianggap telah memenuhi sspek sosiologis, perlindungan, dan kelembagaan terhadap anak. Menurut Tri, penghargaan yang diraih ini meningkat dibandingkan sebelumnya kategori madya.

Menurut dia, penghargaan tersebut menjadi motivasi pemerintah untuk menyediakan hak-hak anak tanpa ada diskriminasi, terutama penyandang anak difabel. “Anak-anak difabel mereka tetap berhak mendapatkan layanan pendidikan, sampai dengan kesehatan,” ujar dia. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini