Lama Amblas, Tanggul Cipendawa Baru Diperbaiki

Infobekasi.co.id – Kementerian PUPR melalui BBWSCC mulai melakukan perbaikan tiga titik tanggul amblas di Kali Bekasi. Ketiganya di Jalan Cipendawa, dan dua titik di dalam Perumahan Kemang Pratama.

“Perbaikan menggunakan APBN 2019, nilainya berbeda-beda setiap titik,” kata Kepala BBWSCC, Bambang Hidayah di Rawalumbu, Rabu (18/9).

Di Jalan Kemang Ekpres Perumahan Kemang Pratama sepanjang 70 meter menghabiskan anggaran Rp 8,5 miliar, kemudian tanggul di Perumahan Kemang Pratama Regency sepanjang 60 meter biayanya Rp 5 miliar dan terakhir Jalan Cipendawa sepanjang 70 meter dengan dana Rp 8 miliar.

Bambang mengatakan, perbaikan ditargetkan rampung akhir tahun ini karena menggunakan sistem single years. Perbaikan tiga titik menjadi prioritas karena mengancam rumah penduduk di Kemang Pratama, dan mengganggu arus lalu lintas di Cipendawa.

“Kontruksi tanggul diperkuat, karena titik tanggul berada di tikungan, sehingga paling sering dihantam arus air ketika debit meningkat,” ujar Bambang.

Tanggul amblas di Cipendawa paling parah. Di lokas ini terjangan arus sampai menggerus setengah badan jalan, sehingga satu jalur tak bisa dipakai. Kerusakan terjadi sejak dua tahun silam, tapi baru diperbaiki karena harus dilakukan penghapusan aset. Sebab, kontruksi sebelumnya dibuat oleh Pemkot Bekasi. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini