Sosialisasi UU, Ahmad Syaikhu Bertemu Pejabat Pemkab Karawang dan LSM Terkait Sumber Daya Air

Infobekasi.co.id – Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu mensosialisasikan UU No. 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Politisi PKS itu memaparkan isi undang-undang tersebut, kepada 6 Kepala Dinas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dan jajarannya.

Dalam penjelasannya, Syaikhu menyatakan bahwa UU No. 17 Tahun 2019 merupakan revisi dari UU No. 7 Tahun 2004. Revisi dilakukan, salah satunya karena UU lama berwajah liberal yang memungkinkan dikuasainya sumber daya air oleh pihak asing.

“UU yang baru ini protektif. Tidak lagi liberal. Tapi justru melindungi potensi sumber daya air kita dari penguasaan orang asing,” ungkap Syaikhu.

Mantan Wakil Walikota Bekasi itu juga menjelaskan bahwa air merupakan salah satu sumber daya alam yang penting. Setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap harinya tidak terlepas dari peranan air. Karena itu, negara perlu mengatur objek strategis tersebut agar dikelola dengan baik. Negara hadir melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku menjadi landasan pengelolaan air.

“Air merupakan objek strategis dan vital. Karena itu negara harus hadir mengelola melalui peraturan perundang-undangan,” kata Syaikhu.

Untuk itu, Syaikhu mengajak semua pemangku kebijakan bersama-sama memajukan Karawang dengan memaksimalkan potensi sumber daya air.

“Mari kita bersama-sama memajukan Karawang. Saya di legislatifnya, dan bapak ibu di eksekutifnya,” ajak Syaikhu yang duduk di Komisi V DPR RI.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas PUPR Dedi Ahdiat, Kepala Dinas LH dan Kebersihan Wawan, Kepala Dinas Pangan Kadarisman, Kepala Dinas PRKP Ramon, Kepala Bappeda Asip, dan Dirut PDAM Muhammad Sholeh serta LSM Sahabat Lingkungan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini