Pilkades Serentak di Kabupaten Bekasi Ditunda karena Wabah Corona

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat resmi menunda pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak demi mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Sedianya, pesta demokrasi tersebut akan digelar pada 19 April mendatang di 16 desa.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, penundaaan sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Agenda itu, menurut dia, akan dijadwalkan lagi jika penyebaran virus corona telah mereda.

“Kami telah menyampaikan kepada 58 calon kepala desa perihal penundaan ini, bahwasannya pemerintah sedang gencar-gencarnya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi,” kata Eka pada Senin (23/3).

Menurut dia, pemilihan kepala desa berpotensi menjadi celah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut. Soalnya, dalam pelaksanaannya berpotensi terjadi kerumunan. Sedangkan, pemerintah telah membentuk tim percepatan penanganan Covid-19.

“Pelaksanaan Pilkades pasti mengumpulkan massa, jelas itu sangat berbahaya,” katanya.

Karena itu, Eka mengimbau kepada para calon kepala desa setelah adanya penundaan ini tak menggelar kampanye dengan mengumpulkan massa. Ia meminta masyarakat mematuhi arahan pemerintah dengan tetap berada di rumah, menghindari kerumuman.

Di Kabupaten Bekasi berdasarkan catatan Dinas Kesehatan setempat, jumlah pasien positif corona telah mencapai 14 orang. Tiga diantaranya meninggal dunia, sedangkan satu lagi yang meninggal dunia statusnya masih suspect atau menunggu konfirmasi hasil tes spesimen di Kemenkes. (Fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini