Masih Pandemi Covid-19, Sudah Ada Jamaah Umroh Membuat Paspor

Infobekasi.co.id – Meski belum ada kejelasan penyelenggaraan umrah, namun saat ini pihak travel umrah atau penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) memberi harapan kepada para jamaahnya akan berangkat berkisar Oktober 2020.

Upaya itu dilakukan sebab bisnis utama mereka yakni menyelenggarakan umrah, macet sejak akhir Februari lalu, sehingga dengan berbagai upaya mereka merekrut para jamaah untuk menghidupi bisnis ibadah tersebut.

Banyaknya pengelola travel umroh memberi harapan kepada jamaah ini, terlihat di Kementerian Agama Kabupaten Bekasi. Di tempat ini setiap hari ada saja yang meminta rekomendasi pembuatan paspor umroh.

“Setiap hari ada saja jamaah yang minta rekomendasi pembuatan paspor umroh,” ujar Sukardi, Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Bekasi, Rabu (12/08).

Menurut Sukardi, sebatas pembuatan rekomendasi paspor silahkan saja, karena yang berwenang berangkat atau tidak pihak Kerajaan Saudi Arabia, “Sudah lebih dari 30 orang yang meminta rekomendasi,” ujar Lina, satu petugas di PHU Kemenag Kabupaten Bekasi

Dalam permohonan rekomendasi itu, pihak travel ada yang mencantumkan berangkat bulan Oktober 2020, padahal sampai saat ini belum ada kejelasan soal boleh tidaknya jamaah umroh datang ke tanah suci.

Namun Sukardi menyebutkan saat ini travel juga tidak bisa merekrut calon jamaah umroh baru. Karena sistem di Kemenag sampai saat ini masih ditutup. Sebagai dampaknya, banyak travel umrah yang mulai mencoba menyelenggarakan paket wisata biasa atau non umrah dan haji khusus.

Bisa saja, nantinya perjalanan umroh diganti dengan paket wisata ke negara-negara yang memang melonggarkan kunjungan wisatawan dimasa pandemi ini,“Travel itu biro perjalanan wisata,” kata Sukardi.

Reporter: Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini