Ini Rencana Pemerintah Tentang Penemuan Sejarah Baru di Stasiun Bekasi

Infobekasi.co.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Tedi Hafni mengatakan, instansinya mendorong sebuah jejak sejarah dipajang di area Stasiun Bekasi. Hal ini menyusul adanya temuan baru diduga benda bersejarah di sela proyek revitalisasi Stasiun Bekasi.

“Kedepannya kita berharap agar penemuan cagar budaya itu bisa dilihat oleh warga masyarakat,” ujar dia saat ditemui di kantornya, Kamis (13/08) pagi tadi.

Jejak sejarah yang baru ditemukan berupa susunan bata merah. Sekilas susunan batu tersebut berbentuk terowongan. Belum jelas fungsinya karena masih dalam penelitian tim cagar budaya. Selain susunan batu, ada jendela kayu lawas.

“Kita usulkan ke pihak PT. KAI bahwa sisa bangunan dan juga sisa jendela itu dijadikan suatu heritage saja,” jelasnya.

Bangunan heritage bisa dipajang di sekitar Stasiun Kota Bekasi, supaya penumpang kereta dapat memahami sejarah yang pernah ada di Stasiun Bekasi.

“Bahwa ternyata di sini Kota Bekasi ini juga punya peninggalan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan perkeretaapian, ini lah yang menjadi nilai daya tarik dan daya tambah sendiri,” kata dia lagi.

Karena itu, meski gedung Stasiun Bekasi sudah modern setelah direvitalisasi, tetap ada catatan-catatan nilai sejarah. Karena bagian dari cagar budaya yang berada di Kota Bekasi.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini