Pekan Depan, 3 Mesin Dukcapil Mandiri Tersedia di Lokasi Ini

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi menerima tiga mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Tiga mesin ini akan ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Bekasi Trade Center dan MPP Cibubur Plaza serta MPP Harapan Indah, Medan Satria pekan depan.

“Dalam rencana kerja Disdukcapil tahun 2021, sudah dianggarkan 12 unit mesin ADM,” ujar Taufiq Rachmat Hidayat, Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, saat dihubungi Infobekasi.co.id, Selasa (08/09), sambil mengatakan dana untuk pengadaan unit ADM itu dari APBD tahun 2021.

Mesin ADM itu berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan dan pencetakan administrasi kependudukan. Taufiq mengatakan tiga unit ADM yang siap hadir itu dan beroperasi dalam waktu dekat ini.

Pihaknya sudah membeli satu mesin ADM menggunakan Dana Insentif Daerah dan dua mesin lagi mendapatkan pinjaman dari Kementerian Dalam Negeri. Sementara itu, 12 unit yang akan dibeli disebar di tiap kecamatan.

Menurut Taufiq, tujuan utama disediakannya mesin ADM itu selain untuk memudahkan warga mengurus administrasi kependudukan, juga sebagai sarana memutus mata rantai percaloan yang selama ini merajalela.

“Banyak warga yang tidak tahu kalau mengurus administrasi kependudukan gratis, tetapi setelah dilakukan calo, biayanya membengkak dan malah hasilnya tidak memuaskan,” jelas Taufiq.

Karena itu hadirnya mesin ADM ini juga untuk mempermudah warga mengurus keperluannya.

Reporter: Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini