Komedian Sule Sudah Mengurus Surat Nikah, Ini Biaya yang Dihabiskan

Infobekasi.co.id – Pernikahan komedian Entis Sutisna alias Sule dengan kekasihnya Nathalie Holscher, yang akan diselenggarakan Minggu, 15 November 2020, dilayani sama seperti calon pengantin (Catin) lainnya.

Sule merupakan warga Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Dia sudah mengurus surat numpang nikah di KUA Tambun Selatan, sesuai domisilnya. Adapun tempat menikahnya berada di calon mempelai wanita yaitu di wilayah Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi.

“Tidak ada layanan khusus atau berbeda dengan Catin lainnya,” ujar Dodi Supriyadi, koordinator penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) Tambun Selatan.

Hal yang sama juga termasuk biaya nikah yang sudah seusai Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor: 12 Tahun 2016 Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas biaya nikah atau rujuk.

Mantan istri almarhum Lina Jubaedah ini, hanya membayar Rp 600 ribu dan langsung masuk ke kas negara, karena menikah pada hari Minggu.

“Layanan nikah / rujuk di luar KUA Kecamatan atau di KUA Kecamatan pada hari libur (libur nasional, Sabtu dan Minggu) per peristiwa nikah atau rujuk sebesar Rp600.000,00 (enam ratus ribu rupiah),” begitu aturannya.

Dari jumlah uang yang disetorkan, Catin berhak mendapat layanan bimbingan pra nikah, pencatatan pernikahan dan mendapat keabsahan nikah dengan terbitnya buku nikah.

“Soal di luar itu, pihak KUA tidak ikut campur karena masing-masing Catin punya konsep acara tersendiri, namun disaat pandemi ini sebaiknya ikuti protokol kesehatan,” ujar Dodi.

Pihak KUA, hanya meminta Rukun nikah yang lima perkara itu terpenuhi, seperti Catin pria, Catin wanita, Wali, dua orang saksi dan ijab kabul, “Kalau itu sudah ada, sah pernikahan secara agama dan UU perkawinan,” jelas Dodi.

Reporter: Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini