Ratusan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Bekasi Utara

Infobekasi.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mengonfirmasikan bahwa sedikitnya ada 123 rumah penduduk rusak akibat diterjang angin puting beliung yang melanda di wilayah Bekasi Utara.

“Kami menerima laporan dari warga serta kelurahan kaliabang tengah kalau ada kejadian angin puting beliung disekitaran lokasi,kemudian kami respon ke TKP ternyata betul di TKP Terdapat banyak rumah warga yang roboh akibat kejadian itu,”ujar Koordinator Satuan Tugas BPBD Kota Bekasi Karsono, Jumat Sore (23/10).

Akibat kejadian tersebut, kata dia pihaknya pun dengan tanggap langsung melakukan proses pendataan lebih lanjut guna mencatat beberapa rumah warga yang rusak dari adanya angin puting beliung tersebut.

“Kami melakukan pendataan lebih lanjut serta melakukan koordinasi terhadap RT RW setempat,” ucapnya.

Kemudian, menurut data yang diterima atas proses pendataan tersebut BPBD Kota Bekasi memaparkan setidaknya terdapat 5 RT diwilayah Kali Abang yang rumahnya rusak akibat kejadian angin puting beliung itu.

“Seperti di RT 01 ada 2 rumah, RT 05 ada 67 rumah, Lalu RT 11 ada 7 rumah, dan RT 12 ada 33 rumah, RT 02 ada 10 rumah,Kita lihat dulu untuk kerusakan dari masing-masing rumah itu, kemudian nantinya kami akan lakukan verifikasi ulang, untuk melihat kondisinya seperti ada rusak ringan, sedang atau berat,sesuai dengan kaji cepat oleh BNPB,” jelasnya.

Karsono melanjutkan, adapun bagi rumah warga yang rusak, dirinya menyarankan agar masyarakat segera berkoordinasi dengan RT RW diwilayah dan Kecamatan serta pihak Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan.

“Kami koordinasi dengan dinsos maupun tagana, itu setidaknya ada 10 rumah yang rusak berat, dan 99 rumah yang rusak sedang,yang dengan segera harus langsung diberikan bantuan. Untuk sementara kami pakai terpal dulu untuk menutupi atapnya di beberapa rumah warga itu,” katanya.

“Serta akan kami dirikan tenda darurat bagi warga yang terdampak dengan melakukan koordinasi antara wilayah dan RT RW. Lalu bagi lokasinya juga harus strategis dan jauh dari lokasi bencana,” tutupnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini