Suhu di Bekasi Hari Ini Terasa Seperti 40 Derajat, Begini Penjelasan BMKG

Infobekasi.co.id – Suhu di wilayah Bekasi beberapa hari ini cukup panas. Aplikasi di ponsel cerdas pada siang hari mencapai 33 derajat celcius dan terasa seperti 40 derajat celcius. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika membantah fenomenena ini merupakan gelombang panas.

“Berita yang beredar ini tentu tidak tepat, karena kondisi suhu panas dan terik saat ini tidak bisa dikatakan sebagai gelombang panas,” demikian keterangan tertulis dilansir dari situs resmi BMKG.

Lembaga ini menjelaskan alasan suhu maksimum yang meningkat dalam beberapa hari ini. Dalam keterangannya itu, disebutkan bahwa pada bulan November, kedudukan semu gerak matahari adalah tepat di atas Pulau Jawa dalam perjalannya menuju posisi 23 lintang selatan setelah meninggalkan ekuator.

Posisi semu Matahari di atas Pulau Jawa akan terjadi 2 kali yaitu di bulan November dan April, sehingga puncak suhu maksimum mulai dari Jawa hingga NTT terjadi di seputar bulan-bulan tersebut.

Cuaca cerah juga menyebabkan penyinaran langsung sinar matahari ke permukaan lebih optimal sehingga terjadi pemanasan suhu permukaan.

Cuaca cerah di Jakarta dalam dua hari terakhir (rilis 12 November) berkaitan dengan berkembangnya siklon tropis VAMCO di Laut Cina Selatan yang menarik masa udara dan awan-awan sehinggga menjauhi wilayah Indonesia bagian selatan sehingga cuaca cenderung menjadi lebih cerah dalam 2 hari terakhir. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini